Komunitas Advokat dan Paralegal Siap Menangkan Mawardi Yahya dan Anita Noeringhati di Pilgub Sumsel

Politik7 Dilihat

KATANEWS.ID, Palembang – Komunitas Advokat dan Paralegal Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar pengukuhan dan deklarasi pernyataan sikap mendukung secara penuh kepada Ir. H. Mawardi Yahya dan Dr Hj, R.A Anita Noeringhati, SH, MH (Matahati) sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2024-2029 di Pilgub Sumsel, di Graha Limbersa, Kamis (20/6).

Pengurus yang dilantik dan anggota yang hadir dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

Mawardi Yahya mengatakan, acara ini tentu merupakan suatu bentuk dukungan kepada kami.

“Ini tentu menambah semangat untuk kami. Karena setiap minggu Alhamdulillah masyarakat dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat memberikan dukungan kepada kami. Artinya masyarakat mulai bisa membedakan dari beberapa calon Gubernur yang maju ini,” ujarnya.

Mawardi Yahya mengungkapkan, dukungan terhadap dirinya dan Wakilnya Ibu Anita Noeringhati terus bertambah.

“Baik asosiasi, paguyuban dan memberikan dukungan kepada Mawardi dan Anita. Insya Allah ini menambah semangat kami dalam waktu 5 bulan lagi. Insya Allah mudah-mudahan Mawardi dan Anita bisa keluar menjadi pemenang di Pilgub Sumsel ini,” katanya.

“Tadi sudah saya sampaikan bahwa sikap dari para advokat sudah menyatakan siap mengawal baik masalah hukum serta kemenangan daripada Mawardi Yahya dan Anita,” katanya.

Ketika ditanya tanggapannya terkait semakin naiknya elektabilitas Mawardi Yahya dan Anita Noeringhati, menurut Mawardi itu karena masyarakat semakin tahu dan mulai mengenal dirinya dan Anita.

“Mungkin selama ini masyarakat belum terlalu mengenal karena kita tidak berada di depan. Tapi Insya Allah kita tidak kalah dari calon-calon lainnya untuk adu argumen dan adu program, untuk semangat kita tidak kalah dari calon lainnya. Kita akan berjuang dan siap mengabdi untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel hj RA Anita Noeringhati mengatakan, bahwa zaman Bapak Alex Noerdin itu ada bantuan hukum untuk masyarakat.

“Karena saya menganggap bahwa masyarakat yang tidak mampu itu perlu hadirnya pemerintah. Prodeo itu adalah pemberian bantuan hukum secara gratis, karena ada bantuan dari pemerintah kalau tidak salah hanya Rp 5 juta untuk satu kasus. Itu artinya ada hadirnya pemerintah, dan saya yakin para advokat muda itu dengan sukarela dengan senang hati itu akan menerima hal itu. Karena banyak masyarakat yang buta hukum tetapi dia mau menghadapi masalah hukum itu mereka tidak tahu mau ke mana. Sehingga saya berkeinginan insyaallah kami menang anggaran itu akan kami kembalikan lagi,” ungkapnya.

Ketika ditanya awak media, semakin banyaknya informasi hoaks tentang Mawardi Yahya dan Anita, lebih lanjut Anita mengungkapkan, biarkan orang berbicara orang mau menyebar hoax senyumin saja. “Kami semakin kompak, semakin mengerucutkan visi misi kita untuk maju kedepan,” katanya.

“Insya Allah, kami menunggu rekomendasi dari Gerindra. Begitu turun rekomendasi Gerindra, maka Golkar menyusul, jadi tinggal menunggu waktu,” sambungnya.

“Saya adalah perempuan pertama yang akan menjadi wakil gubernur Sumsel. Jadi kepada emak-emak ayo dukung Bapak Mawardi dan Anita di Pilgub Sumsel 2024,” katanya.

Pada kesempatan ini, Ketua Komunitas Advokat dan Paralegal Sumsel, Prengki Adiatmo, SH mengatakan, agenda kegiatan hari ini yakni tentang pengukuhan Komunitas Advokat dan Paralegal Sumatera Selatan sekaligus komunitas tersebut menyatakan diri dengan melakukan deklarasi.

“Bahwasanya kita sudah menyatakan sikap dengan mendeklarasikan diri mendukung bapak Mawardi Yahya dan Ibu Anita sebagai Calon Gubernur Sumatera Selatan. Tentunya kami sudah mempersiapkan dari dari jauh hari,” kata Prengki.

Prengki menuturkan, kedepan setelah acara tentu kita akan melakukan perjuangan-perjuangan yang mana dominannya ingin memenangkan beliau untuk menjadi salah satu yang menyatakan sikap. “Tentu saya pribadi sebagai Ketua Umum daripada Komunitas Advokat berikut beserta 170 Pengacara dan Paralegal yang dominan masuk didalam struktur,” sebut Prengki.

“Kami tentu saat ini pengacara dominannya hanya fokus terhadap penanganan perkara saja, sehingga saya mempunyai konsep ataupun inisiatif bahwa pengacara harus lebih luas lagi melakukan pergerakan yakni tidak anti terhadap yang namanya dunia perpolitikan karena pengacara ataupun advokat selalu mendekati yang namanya seluruh kegiatan,” tambah Prengki.

Prengki menambahkan, Dunia advokat tidak hanya terbatas di dalam dunia penanganan perkara saja tetapi mempunyai program tersendiri.

“Program kami yakni salah satunya mengadakan penyuluhan hukum gratis di setiap kabupaten kota yang mana penyuluhan hukum tersebut bertujuan juga secara tidak langsung sebagai bentuk safari politik namun dikemas dengan hukum karena sesuai dengan profesi advokat yang mana berdasarkan undang-undang,” ungkap Prengki.

Sementara itu Dewan Pembina, Yongky Ariansyah menambahkan, sejauh ini sudah disampaikan Ketua Umum mengenai pelantikan serta deklarasi menyatakan sikap untuk memenangkan Pasangan Calon Gubernur Mawardi Yahya dan Calon Gubernur R.A Anita Noeringhati untuk menuju Sumsel 1.

“Persiapan kita saat ini dengan berbagai strategi sudah kita siapkan, kemudian juga kita mungkin akan turun ke lapangan untuk melakukan penyuluhan hukum serta safari politik untuk memenangkan pak Mawardi Yahya dan Ibu Anita bagaimana kiranya ke depan setelah beliau menang seluruh masyarakat Sumatera Selatan ini dapat keadilan hukum. Tujuan kita dari advokat itu hadir di Sumatera Selatan,” katanya. (*)