Pemudik Melintasi Empat Lawang, Ramai Lancar

KATANEWS.ID, Empatlawang – Memasuki penghujung bulan Ramadhan atau H-3 menjelang idul fitri, kondisi jalan lintas Sumatera di Kota Tebing Tinggi terlihat ramai lancar, para pemudik dengan kendaraan pribadi yang melintaspun belum terus tampak.

Seperti juga kendaraan besar seperti truk ataupun Bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang memang sudah jalur mereka untuk menuju Jambi, Padang, Medan dan Aceh.

“Kalau sekarang ini sudah banyak kendaraan pribadi yang melintas untuk mudik lewat Tebing Tinggi. Saat ini sudah tercatat diperkirakan kendaraan yang melintas sudah hampir 5000 lebih,” ungkap Kapolres Empat Lawang AKBP Dody Surya S, melalui Kasat Lantas AKP Dezy Azhari, Senin (8/4/2024).

Disampaikannya, untuk kendaraan yang melintas para pemudik ini. Angka terjadi lakalantas di wilkum Empat Lawang bisa dikatakan Nihil.

“Alhamdulillah sampai saat ini lakalantas Nihil terjadi,,” ujarnya seraya menambahkan bahwa Satlatas Polres Empat Lawang 24 Jam selalu stanby mengatur dan menjaga jalur jalur yang diangap rawan lakalantas.

Dikatakanya, pemudik yang melintas sangat ramai menjelang sore hari hingga malam. Bahkan kompoian kendaraan pemudik dengan tujuan, bengkulu, jambi, padang hingga medan pun sangat panjang.

“Pemudik ini melintas jalur dengan berkompoi ramai-ramai. Oleh karena itu kami terus stanby dan melakukan patroli,” katanya.

Masih dikatakannya, pada saat H- 4 kemarin lusa, tampak mobil pribadi dengan muatan diatasnya melintasi kota Tebing Tinggi. Dan mereka berangkat bersamaan minimal ada 5 kendaraan yang konvoi, bahkan kalau sampai 7 kendaraan. Selain itu juga kalau mobil Bus ( AKAP) akan terlihat mampir dirumah makan, biasanya akan padat sekali.

“Kalau Bus terlihat jelas akan berhenti makan, sedangkan mobil pribad banya beristrhat di rest area SPBU dqn PosPAM yang kami sediakan,” imbuhnya.

Selain pengamanan lanjutnya, petugas yang berjaga juga akan membantu arus lalu lintas, bila terjadinya kemacetan ataupun memberi bantuan bagi pengendara yang tersesat.

“Hal ini untuk meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, antara lain tindakan kriminal, lakalantas ataupun human error,” jelasnya.

Ia pun menghimbau bagi para pemudik apabila mengalami rasa capek dan mengantuk agar beristirahat terlebih dahulu ditempat yang terang ataupun di posko lebaran yang ada, tujuannya untuk keselamatan bersama saat berkendaraan. (*)