Peletakan Batu Pertama Ponpes Minhajul Aulia, Ini Ungkap Ketua DPRD Sumsel

Palembang6 Dilihat

KATANEWS.ID, Palembang | Peletakan Batu Pertama Pondok Pesantren Minhajul Aulia Talang Jambe Palembang, Minggu (30/06/2024). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan DR. Hj. RA. Anita Noeringhati, SH.MH dan Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ratu Dewa dan tamu undangan lainnya.

Anita Noeringhati mengatakan, Ponpes ini merupakan suatu tempat yang sangat baik untuk masyarakat terutama di sekitar maupun di luar Palembang untuk menyekolahkan putra-putrinya.

“Saya yakin dan percaya dibawa asuhan Ustad.Abdul Malik Syafei, Ponpes ini akan melaju dengan baik,” ujarnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh handai taulan dan rekan-rekan dari ustadz Malik untuk memberikan dukungan moril maupun materil untuk berdirinya pondok pesantren ini,” tambah Anita.

Sementara itu, Ratu Dewa menyampaikan banyak harapan serta pesannya terkait kehadiran Pondok Pesantren Minhajul AuliaTalang Jambe tersebut.

Dia mengatakan, bahwa penataan manajemen serta kepemimpinan di suatu pondok pesantren dinilai merupakan salah satu hal yang penting.

“Artinya, jika tidak dikelola dengan baik maka dia akan putus ditengah jalan. Yang kedua pesan saya bagaimana pondok pesantren ini dapat membangun sebuah kurikulum kekinian,” kata Ratu Dewa.

Ia memaparkan, kurikulum kekinian merupakan kurikulum yang mengartikan dengan perpaduan nilai ketuhanan dan keagamaan dengan kondisi generasi millenial dan generasi z.

“Harapan kita terus ada hubungan antara kiai dan santrinya nanti. Ini harus terbangun dengan baik dan dengan bagus,” ujarnya.

“Karena banyak kasus-kasus yang kita temui karena hubungan ini tidak terpelihara dan terbangun dengan baik,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, sebagai bentuk suport Pemerintah kota Palembang terkait pembangunan ponpes tersebut, Ratu Dewa juga akan lakukan koordinasi bersama PUPR terkait fasilitas jalan menuju Pondok Pesantren Minhajul Aulia Talang Jambe.

“Apabila memungkinan mungkin di APBD induk akan segera kita tangani dan dengan satu kesatuan yakni PJU nya juga,”tandasnya

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Minhajul Aulia Ustad Abdul Malik Syafei,MH mengatakan, pihaknya akan membuat asrama dan juga rumah ustad.

“Sebelumnya kita sudah memulai membangun masjid sebagai bangunan awal berdirinya pondok pesantren Minhajul Aulia ini,” katanya.

Ketika ditanya awak media keunggulan Ponpes Minhajul Aulia, Ustad Abdul Malik Syafei menuturkan, karena Palembang ini masih minim tentang pesantren berbasis kitab kuning.

“Jadi fokus kita nanti ada di kitab kuning dan juga tahfidzul Quran. Selain itu kita juga ada sekolah formalnya dari SD sampai SMA itu rencana kedepannya,” bebernya.

“Untuk tenaga pendidiknya sudah kita siapkan. Rencananya kita untuk pesantren kurikulumnya jelas kurikulum pesantren pendidikan dari Jawa. Mita berharap bersama teman alumni dari Timur Tengah juga bisa mengajarkan yang jelas ini pesantren berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah,” bebernya.

“Kami berharap dengan peletakan batu pertama ini yang pertama adalah kehadiran dan juga doa dari masyarakat dan warga terutama di sekitar talang Jambi ini dan nantinya bisa mempercayakan pendidikan anak-anaknya di pesantren kami ini. Selain itu, kita juga berharap kepada pemerintah untuk dapat mensupport terutama hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas umum di sini ada jalan ada lampu dan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh pondok pesantren ini bersifat kebutuhan dari warga sekitar,” pungkasnya.

Bagi yang ingin mendonasikan sebagain rezekinya untuk pembangunan Ponpes Minhajul Aulia bisa mengirimkan melalui rekening Bank BSI nomor : 7955557446 atas nama Yayasan Barakah Aulia Nusantara. (Yanti)