Intelkam Polda Sumsel Apresiasi Gelaran UKW Angkatan 43-44, Langkah Positif bagi Wartawan

Sumsel3 Dilihat

PALEMBANG | Direktur Intelkam [Dir Intelkam] Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK MSi melalui Kasubdit V Keamanan Khusus [Kamsus] Direktorat Intelkam, AKBP Dudi Novery SE mengapresiasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan [UKW] angkatan 43-44 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia [PWI] Sumsel di Hotel Beston Palembang pada Rabu 30 Agustus 2023.

“UKW yang diperuntukkan bagi wartawan merupakan langkah positif, untuk edukasi, pengetahuan, etika jurnalis, dan pemahaman, sehingga norma-norma dalam menjalankan profesinya dapat dijalankan dengan baik,” ungkap AKBP Dudi usai menjadi narasumber pada Ujian Kompetensi bagi wartawan.

AKBP Dudi Novery menginginkan setiap wartawan dalam memberitakan tak hanya asal menulis berita namun mengetahui kriteria, ketentuan wawancara, penulisan hingga penyajian berita.

Selain itu, ujar Kasubdit V Ditintelkam ini, dengan adanya UKW, dapat menangkal berita-berita hoax, opini tanpa ada narasumber, mengapa dikatakan demikian?

Sebab saat ini pemuatan berita terkadang ditemukan tak memenuhi unsur dari kaedah jurnalistik. “Ke depan, Polda Sumsel bersama PWI selalu dapat bersinergi dengan baik dengan jalinan silaturahmi. Kami selalu terbuka bagi rekan-rekan jurnalis, apa yang menjadi kendala dapat menjadi diskusi bersama,” jelasnya.

Sementara, Ketua PWI Sumsel DR H Firdaus Komar SPd m mengucapkan terimakasih atas kesediaan Direktorat Intelkam Polda Sumsel menjadi narasumber dalam gelaran UKW ini. “Tentunya hal ini dapat meningkatkan sinergitas PWI bersama Polda Sumsel,” ucapnya.

Selain itu, kita berterima kasih juga pada narasumber dari pihak, Kejaksaan Tinggi Sumsel, Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel dan beberapa instansi yang hadir. “Teruntuk, bagi SKK Migas dan KKKS yang telah mensupport kegiatan ini,” ujarnya.

Firko sapaan akrabnya menjelaskan Uji Kompetensi Wartawan menjadi bagian penting dari upaya kita dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas kerja sebagai pewarta yang berintegritas.

Uji kompetensi ini, jelas Firko adalah bentuk komitmen kita untuk terus mengasah kemampuan, mengikuti perkembangan zaman, dan menjaga standar etika jurnalistik yang tinggi.

“Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat seperti sekarang, tuntutan terhadap wartawan semakin kompleks. Teknologi informasi berkembang pesat, serta tantangan dalam menghadapi berita palsu dan pengaruh berbagai pihak, semakin menegaskan perlunya wartawan yang mampu menyajikan informasi yang akurat, berimbang, dan dapat dipercaya,” sebutnya.

UKW ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam menjalankan tugas mulia sebagai pengawal informasi masyarakat.

“Saya mengapresiasi dedikasi dan semangat rekan-rekan wartawan di Provinsi Sumatera Selatan dalam menjalankan tugas ini. Mari kita hadapi uji kompetensi ini dengan semangat positif dan tekad kuat untuk terus belajar dan berkembang. Hasil dari uji kompetensi ini akan menjadi cerminan dari usaha kita dalam menjalankan profesi. Tetaplah menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, menjaga integritas, dan mengedepankan kebenaran,” tegasnya.

“Kami dari seluruh kepengurusan PWI Sumsel mengucapakan terimakasih Kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan UKW ini,” tambahnya.