Pj Gubernur Ajak Pelaku UMKM Kenalkan Produk Asal Kepulauan Babel di Setiap Even

Pangkalpinang12 Dilihat

Pangkalpinang – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, mengajak pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk asal Negeri Serumpun Sebalai, di setiap even yang ada.

Demikian disampaikannya, saat menyambangi stand Semarak UMKM dan Pasar Murah Tradisi Korps Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), Provinsi Kepulauan Babel, di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Jumat (28/7/2023).

“Saya lihat, antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Kita harus perkenalkan produk-produk dari Kepulauan Babel, di setiap even yang ada. Pasti nanti banyak yang beli. Jadi, persiapkan mulai dari stok dan lainnya,” ujarnya, sambil berkeliling mencicipi setiap produk yang ada di booth-booth UMKM acara tersebut.

Menurutnya, Bazar UMKM dan Pasar Murah yang dilaksanakan IKAPTK tersebut, merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Kepulauan Babel, dalam memutar roda ekonomi, baik itu promosi-promosi pelaku UMKM serta memperkuat interaksi dengan para konsumen.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi pelaku UMKM, agar bisa¬†dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk asal Kepulauan Babel. Ini juga merupakan kegiatan tradisi korps IKAPTK yang menjadi salah satu bentuk dedikasi organisasi secara langsung, kepada masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Suganda mengatakan bahwa kegiatan tersebut dapat mendukung upaya Pemprov Kepulauan Babel, dalam menghidupkan kembali UMKM yang ada di Negeri Serumpun Sebalai.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat memperkenalkan UMKM secara luas ke masyarakat. Selain itu, Pj Gubernur Suganda mengingatkan para pelaku UMKM, untuk selalu bersemangat dalam memunculkan ide-ide baru.

“Melalui kegiatan ini, Pemprov Kepulauan Babel mencoba mengajak mereka (pelaku UMKM), untuk lebih kreatif lagi, sehingga produk-produknya tidak hanya dipasarkan di lokal saja, tapi juga bisa keluar bahkan di ekspor seperti beberapa produk makanan yang tadi saya lihat,” ujarnya.

Sementara, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Maya Suganda Pasaribu, menyebut bahwa kegiatan tersebut sangat baik untuk dilaksanakan. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, pelaku UMKM bisa saling bertukar pikiran dalam memajukan perekonomian Kepulauan Babel.

“Kegiatan ini memperkenalkan UMKM¬†secara luas untuk masyarakat Provinsi Kepulauan Babel, sehingga masyarakat mengenal Produk UMKM asal Negeri Serumpun Sebalai. Selain itu, melalui acara ini, para pelaku UMKM bisa saling bertukar pikiran dalam memajukan perekonomian Kepulauan Babel,” tukas Maya Suganda.

Diketahui, dalam acara tersebut, tersaji aneka macam makanan kering seperti kue-kue, kretek, kericu, minuman, maupun makanan basah siap santap seperti bakwan kampung, lakso, dan lainnya, dijajakan pada booth-booth yang tersedia. (ril)