UTP Palembang Laksanakan Evaluasi dan Monitoring P2MW

Palembang55 Dilihat

PALEMBANG | Universitas Tri Dinanti Palembang melaksanakan evaluasi dan monitoring Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) bertempat di gedung Magister Manajemen (MM) Lantai 1, Kamis (27/10/2022).

Hadir Rektor UTP Palembang Dr Ir H Manisah MP diwakili Wakil Rektor 1 Dr Rosmalinda ST MT dan Wakil Rektor III Universitas Tridinanti Palembang Syaiful Sahri SE MSi.

Syaiful Sahri mengatakan, Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) adalah program dari Kemendikbud. P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan dan pelatihan usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Monitoring dan evaluasi tidak hanya membutuhkan pemahaman tentang persiapan perencanaan pelaksanaan program kerja saja namun juga mengenai pelaporan hasil evaluasi program.

“Hasil monitoring dan evaluasi merupakan informasi berharga yang dapat dijadikan pedoman bagi pemimpin atau pemangku kebijakan untuk mengambil kebijakan bagi organisasi nirlaba.Seseorang dengan kemampuan menyusun instrumen mengumpulkan data menganalisis data hingga menginterpretasikan hasil analisis sangat diperlukan sehingga diperoleh kesimpulan yang berupa hasil analisis hasil analisis data monev ini menjadi informasi yang berharga bagi pengambilan keputusan perencanaan program di masa mendatang,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Syaiful menerangkan, pelaksanaan monitoring dan evaluasi internal diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penjaminan mutu kegiatan organisasi. Monitoring evaluasi internal dilakukan sebagai konsistensi penjaminan mutu dimana kegiatan yang dapat terus dipantau secara berkelanjutan.

“Ketika kegiatan monitoring evaluasi akan dilakukan ada baiknya menentukan ruang lingkup dari monitoring evaluasi internal itu sendiri.Ruang lingkup yang dimaksud misalnya adalah jenis program pelayanan masyarakat fungsi dan tugas para staf dan manfaat yang nantinya akan dicapai.Tentu saja dalam pelaksanaan monitoring evaluasi internal ini juga membutuhkan sumber daya yang kompeten dan jumlah anggota tim yang memadai keahlian tim hingga periode pelaksanaan monev internal,” bebernya.

Syaiful menuturkan, monitoring dan evaluasi kewirausahaan dilakukan karena mahasiswa UTP mendapatkan 3 hibah. “Ini program Kemendikbud yang dapat kita raih melalui hibah oleh mahasiswa. Harapannya adalah lulusan UTP Palembang tidak mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan pekerjaan itu kata intinya,” urainya.

“Jadi dana hibah itu dana untuk wirausaha mahasiswa itu murni kelolah mahasiswa. Dan ini dilaksanakan dimonitoring oleh dosen pendamping dan dosen mentornya. Jadi apa kegiatan mahasiswa membeli produk itu ada aturan. Tugas mentor memonitoring kegiatan kemahasiswaan. Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan baik dan kita melakukan monitoring dengan seksama sehingga harapan pemerintah tentu dapat kita realisasikan,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Syaiful mengungkapkan, dilakukan monitoring ini dia sudah menyampaikan kepada mahasiswa yang penting harus konsisten terhadap apa yang direncanakan.

“Harapannya kepada mahasiswa P2MW bisa mengembangkan atau menularkan jiwa wirausaha atau entrepreneur kepada kawan-kawan yang lainnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *