Beranda KOTA TANGERANG SELATAN Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Manfaat Arsip, DPAD Tangsel Gelar Sosialisasi Perwal Nomor...

Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Manfaat Arsip, DPAD Tangsel Gelar Sosialisasi Perwal Nomor 22/2016

0

Katanews.id – KOTA TANGERANG SELATAN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Selatan melakukan penyuluhan kearsipan sekaligus sosialisasi terkait Peraturan Walikota (Perwal) nomor 22 tahun 2016 di Restaurant Telaga Seafood Serpong Utara, Kamis (14/9/2017).

Sosialisasi Perwal tentang pengelolaan arsip statis dan penyelamatan catatan sejarah tahun anggaran 2017 ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dan pentingnya arsip. Kepala DPAD Kota Tangsel Dadang Raharja menjelaskan sebagai pencipta arsip, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus agar mampu menata dan mengelola arsip baik arsip dinamis maupun statis dengan baik dan benar.

“Kita ingin memberikan informasi tentang sejarah perjalanan bangsa yang terekam dalam sebuah dokumen atau arsip, sehingga nantinya kita akan tertib arsip,” ungkap Dadang.

Dadang mengatakan, arsip adalah rekaman kegiatan dalam berbagai bentuk sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, masyarakat. Arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah melainkan juga bagian tak terpisahkan dari manajemen organisasi.

“Keberhasilan pengelolaan arsip dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel, Nasrul Fuad menuturkan, sosialisasi peraturan walikota ini untuk mengajak semua OPD agar tertib arsip. Tidak hanya itu DPAD telah menyewa gudang yang digunakan sebagai Depo arsip sementara, dan melakukan penarikan terhadap 13 OPD untuk penyelamatan arsipnya.

“Kita ingin kearsipan di Kota Tangsel maju, dan arsip ini bermanfaat untuk semuanya, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan arsip yang ada di Tangsel,” tandasnya. /Mrs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here