Beranda ADVERTORIAL Tingkatkan Kompetensi, BPKD Kota Tangerang Terus Lakukan Pembinaan Pengelolaan BMD pada Seluruh...

    Tingkatkan Kompetensi, BPKD Kota Tangerang Terus Lakukan Pembinaan Pengelolaan BMD pada Seluruh OPD

    0

    Katanews.id – KOTA TANGERANG – Demi meningkatkan kompetensi, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BKPD) Kota Tangerang terus gencar lakukan pembinaan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Kota Tangerang.

    Kepala BPKD Kota Tangerang, M. Noor mengatakan pembinaan tersebut untuk menyempurnakan manajemen pengelolaan barang, mulai dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan, penggunaan, penatausahaan, hingga implementasi untuk mendorong profesionalisme pengelolaan barang daerah.

    “Pengelolaan barang perlu jadi perhatian khusus, mengingat nilai kekayaan pemerintah yang paling besar berasal dari barang daerah yang dicatat dalam Neraca sebagai aset tetap, ungkapnya.

    Menurutnya, hal itu juga sangat penting sebagai nilai kinerja keuangan pemerintah daerah. Karena dengan mengoptimalkan penggunaan dan pemeliharaan, daya tahan barang pun dapat lebih lama.

    “Pembinaan ini kita adakan setiap bulan oleh Bidang Administrasi Aset BPKD. Ya, agar setiap BMD di lingkungan Pemerintahan Kota Tangerang bisa lebih awet dan berdaya guna, imbuhnya.

    Dalam pembinaan pengelolaan BMD ini, lanjut M. Noor, diharapkan dapat meng-upgrade pemahaman para pegawai pengelola barang daerah di tiap OPD.

    “Kegiatan lebih cenderung sharing atau diskusi. Jadi setiap OPD yang ingin melakukan sharing bisa langsung komunikasi ke BPKD untuk mempertanyakan segala persoalan secara langsung,” tukasnya.

    Dengan begitu, kata M. Noor, para OPD dapat menyusun rencana kebutuhan barang daerah yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipertanggungjawabkan.

    “Pengelolaan barang sebuah pekerjaan tidak mudah, diperlukan keterampilan dan ketelitian dalam bekerja. Saya berharap dengan pembinaan rutin ini kemampuan dan wawasan para pengelola barang bisa meningkat,” ucapnya.

    Soal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), M. Noor menjelaskan bahwa ada 43 orang yang bertanggung jawab sebagai pengelola barang berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Tangerang. Dimana setiap OPD memiliki pengelola barang yaitu Pejabat Penatausahaan Barang OPD dan Pengurus Barang OPD.

    “Namun tidak menutup kemungkinan ada penambahan untuk pengelola barang itu. Jika dirasa perlu, maka setiap Kepala OPD dapat menunjuk seseorang untuk diperbantukan dalam pengelolaan barang. Dan itu bisa dilakukan meski tanpa diberikan SK terlebih dahulu,” paparnya.

    M. Noor juga memaparkan, pengusulan penghapusan barang pun dapat diajukan. Barang yang dianggap sudah tidak layak pakai dapat diganti dengan yang baru.

    “Barang inventaris yang masuk ke dalam kategori aset daerah adalah barang yang nilai belinya di atas 1 juta rupiah serta pemanfaatan barang yang bisa mencapai 12 bulan,” katanya.

    “Untuk penyampaian pelaporan pastinya harus sesuai jadwal, yang mana setiap laporan realisasi BMD dilakukan sesuai bulan berikutnya. Ini penambahan saat tahun anggaran berjalan,” sambungnya.

     

    Karena itulah, tambah M. Noor, barang milik daerah harus disimpan dan diurus dengan baik. Prosesnya pun harus profesional di masing-masing unit kerja sehingga bisa berjalan baik, benar, dan akuntabel.

    “Saya ingin pembinaan ini bisa menjadikan para pengelola barang mendalami berbagai ketentuan, tata cara, prosedur serta mekanisme dalam menangani pengelolaan barang milik daerah,” ujarnya.

    Terlebih lagi, M. Noor menyampaikan, pengelolaan aset daerah di tingkat pemerintahan jadi salah satu faktor penilaian auditor eksternal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini erat kaitannya dengan penilaian opini laporan keuangan daerah.

    “Karena itu diperlukan suatu sistem pengelolaan barang yang rapi, tertib, dan memenuhi kaidah peraturan perundangan. Sehingga ini menjadi landasan bagi kita untuk terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka,” tutupnya. /Adv

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here