Beranda GENERAL Ternyata Koran di Jepang Bisa Jadi Bunga

Ternyata Koran di Jepang Bisa Jadi Bunga

0
Tanaman mulai tumbuh dari koran.(Lifegate/istimewa)

Katanews.id – Tak pernah terpikir Usai membaca koran cetak lalu digunakan menjadi barang yang berfungsi lainnya, sudah pasti kebanyakan orang akan meletakkannya dalam sebuah tumpukan kertas, atau biasanya digunakan untuk membungkus sesuatu atau bahkan dijual kembali.

Namun di Jepang, koran cetak ternyata bisa menjadi tanaman untuk menghiasi halaman rumah, lho. Diansir Lifegate, koran yang sudah selesai dibaca bisa ditanam di tanah dan akan tumbuh layaknya seperti tanaman biasa.

Ya, koran ini memang dirancang untuk digunakan kembali. Bahan kertas sengaja dicetak dengan tinta berbasis tanaman dan pupuk, dan dicetak di atas kertas daur ulang, dan dihiasi dengan biji bunga seperti bunga poppy, mawar, bunga aster dan lain-lain.

Cara menanamnya pun mudah. Usai membaca, Anda diharuskan merobek koran menjadi potongan-potongan kecil dan menanamnya. Dengan melakukan penyiraman secara rutin, beberapa minggu kemudian koran itu akan menjadi bunga-bunga yang cantik.

Koran yang bisa ditanam ini dicetak oleh Mainichi, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ekologi, dan mendorong orang-orang untuk memikirkan ekonomi melingkar dan memberikan sesuatu pada kehidupan yang akan datang. Tidak hanya itu, koran ini pun digunakan sekolah-sekolah di Jepang untuk meningkatkan kesadaran kaum muda. /Bs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here