Beranda HL Tepati Janji, Presiden Joko Widodo Buka Kongres ke-XX GmnI di Manado

Tepati Janji, Presiden Joko Widodo Buka Kongres ke-XX GmnI di Manado

0

Katanews.id – NASIONAL – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo membuka Kongres XX Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Graha Gubernuran Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (15/11/2017). Kedatangan Jokowi ini sebagai tanda menepati janjinya kepada Ketua Presidium GMNI, Crisman Damanik.

“Tadi malam saya baru masuk di Kota Manado itu jam setengah 2 malam, hanya untuk kongres ke XX GMNI. Kalau ditanya capek, ya capek, tapi saya sudah janji sama Chrisman bahwa saya akan hadir dan saya tepati janjinya,” ujar Jokowi di hadapan ribuan kader GMNI, Rabu (15/11/2017).

Jokowi tiba di Manado sekitar pukul 01.30 WITA usai menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina. Dengan didampingi Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokanbey dan sejumlah pejabat lainnya, kedatangan Jokowi disambut meriah dengan seruan “Merdeka” oleh ribuan peserta kongres.

Beberapa hal penting diangkat Jokowi dalam sambutan itu. Di antaranya Hari Lahir Pancasila, Perppu Nomor 2 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Freeport, kekayaan laut dan ketimpangan perekonomian.

“Mengapa saya menetapkan Hari Lahir Pancasila menjadi hari besar nasional? Karena Pancasila adalah bagian dari sejarah bangsa dan sangat mendasar karena merupakan ideologi negara,” jelas Jokowi.

Jokowi juga menuturkan, bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman. Karena hanya Indonesia lah yang memiliki 250 juta penduduk dengan 714 suku, dan 1100 bahasa daerah.

“Kita memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia. Karena itulah saya sampaikan bahwa Indonesia itu negara besar,” ucap Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan oleh peserta kongres.

Sementara itu, Ketua Presidium GMNI, Chrisman Damanik mengatakan bahwa Kongres tersebut akan berlangsung hingga tanggal 20 November 2017 ke depan. Kongres GMNI kali ini melibatkan 167 perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia.

“Kami apresiasi pemerintah yang telah mengembalikan kedaulatan rakyat. Juga terima kasih kepada Presiden yang telah menetapkan Hari Pancasila sebagai Hari Nasional. Saya berharap melalui Kongres XX GMNI ini senantiasa dapat menjaga persatuan dalam menghadapi persoalan bangsa,” ungkap Ketua Presidium GMNI, Chrisman Damanik.

Sejumlah pejabat negara seperti Menteri Sekretaris Negara Pramono Anum, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo ikut hadir di acara tersebut. /Mrs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here