Beranda ADVERTORIAL Sukseskan Program KB, UPT KB DP3AP2KB Rangkul Tokoh Masyarakat dan Kader

    Sukseskan Program KB, UPT KB DP3AP2KB Rangkul Tokoh Masyarakat dan Kader

    0

    Katanews.id – KOTA TANGERANG – Gerakan Keluarga Berencana atau yang sering disebut KB menjadi gerakan yang terus digaungkan oleh setiap Pemerintah Daerah untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi jumlah kelahiran anak.

    Begitu juga yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Kota Tangerang, segala upaya terus ditingkatkan demi tercapainya program KB yang maksimal.

    Mengambil langkah yang tidak biasa, DP3AP2KB Kota Tangerang mencoba merangkul Tokoh Masyarakat (Toma), Tokoh Agama (Toga), Kader dan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam pelaksanaan penyuluhan dan koordinasi program KB.

    Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KB, Tiktik Surtika, AmKeb menuturkan, kegiatan penyuluhan dan koordinasi program KB tersebut dilaksanakan di 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang.

    “Sementara konsentrasi pelaksanaannya di Kampung KB yang ada di wilayah masing-masing Kecamatan,” ujarnya, Jumat (29/6/2018).

    Tiktik mengatakan, Kampung KB merupakan Kampung sasaran pelayanan KB, karena wilayah tersebut merupakan wilayah dengan pencapaian Program KB yang rendah dibandingkan dengan wilayah lain di masing-masing Kecamatan.

    Menurutnya, banyak penyebab rendahnya pencapaian program KB, misalnya karena Pengetahuan Masyarakat, Persepsi masyarakat, Alasan Adat Istiadat, Alasan Agama, Kontraindikasi medis, faktor kurangnya petugas lapangan, dan banyak lagi lainnya.

    “Dengan upaya ini diharapkan dapat mendongkrak lagi pencapaian peserta KB khususnya metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),” tukasnya.

    Pada pelaksanaannya, lanjut Tiktik, penyuluhan di atas dibagi dalam 2 tempat, yakni untuk para PUS, pelaksanaan penyuluhan langsung dilakukan di lokasi Kampung KB. Sementara penyuluhan bagi para Toma, Toga, dan Kader dilaksanakan di Aula Kecamatan masing-masing.

    “Sampai bulan April 2018 ini secara kumulatif Kota Tangerang telah mencapai 31,73% kepesertaan KB dari target 33,33%. Selisih negatif yang tidak banyak tersebut diharapkan di bulan berikutnya dapat dieliminir menjadi selisih positif melalui kegiatan yang dilaksanakan Penyuluhan KB ini,” paparnya.

    Titik juga menyampaikan bahwa materi yang diberikan menyangkut banyak hal, dengan penekanan kepada jenis-jenis alat kontrasepsi dan pada pemilihan alat kontrasepsi yang sesuai bagi para PUS yang sampai saat ini belum menjadi akseptor atau yang pernah menjadi akseptor.

    “Dan untuk materi penyuluhan bagi Toma, Toga, dan Kader penekanannya pada jenis-jenis alat kontrasepsi dan pada teknik komunikasi dan motivasi,” pungkasnya.

    “Alhamdulillah, dengan dibantu oleh tenaga dari Bidang KB di DP3AP2KB, roadshow Penyuluhan ini terus berlangsung sampai terselesaikannya kegiatan ini di semua Kecamatan,” tutupnya. /Adv

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here