Pesan Jokowi Soal Ancaman Mundur Shin Tae Yong

Olahraga62 Dilihat

JAKARTA | Presiden Joko Widodo memberikan tanggapan soal ancaman Shin Tae Yong yang menyatakan siap mundur bila Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur sebagai bentuk tanggung jawab Tragedi Kanjuruhan.

Jokowi meminta Shin Tae Yong bersabar karena dirinya mengaku belum mendapat laporan dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

“Akan dilaporkan oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta besok [Jumat] pagi kepada saya. Baru besok pagi, jadi saya baru bisa menyampaikan besok [Jumat] siang.”

“Jadi belum sampai ke mana-mana, jadi jangan sampai ke mana-mana dulu, laporannya saja belum,” sambung Jokowi.

TGIPF sendiri pada akhirnya telah memberikan laporan rekomendasi ke Presiden Jokowi. Dalam laporan rekomendasi tersebut, TGIPF menuangkan sejumlah hasil kinerja mereka.

Salah satu poin penting yang dibahas adalah rekomendasi agar Mochamad Iriawan dan pengurus PSSI mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab.

“Secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI, namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya korban sebanyak 712 orang,” tulis laporan yang didapat CNNIndonesia.com.

TGIPF juga meminta PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sebagai upaya mencari pengurus baru.

Tak sampai di situ, dalam laporan TGIPF, mereka mencatat sejumlah kesalahan yang dilakukan oleh PSSI berdasarkan penilaian mereka.

Kesalahan-kesalahan PSSI di antaranya adalah tidak melakukan sosialisasi yang memadai terkait regulasi FIFA, tidak mempertimbangkan faktor risiko saat menyusun jadwal kolektif Liga 1, dan adanya keengganan PSSI untuk bertanggung jawab terhadap berbagai insiden /musibah dalam penyelenggaraan pertandingan yang tercermin dalam regulasi PSSI.

Shin Tae Yong membuat kejutan besar ketika menuliskan pesan soal pandangannya terkait desakan Iwan Bule mundur usai Tragedi Kanjuruhan pada Rabu (12/10).

“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” ucap Shin Tae Yong.

Sumber:CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *