Beranda KOTA TANGERANG SELATAN Permasalahan Remaja Sangat Kompleks, DPMP3AKB Tangsel Adakan Sosialisai Program GenRe

Permasalahan Remaja Sangat Kompleks, DPMP3AKB Tangsel Adakan Sosialisai Program GenRe

0

Katanews.id – KOTA TANGERANG SELATAN – Dalam rangka merespon permasalahan remaja, Pemkot Tangsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) mengembangkan Program GenRe. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Saung Serpong, Kamis (14/9/2017).

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhamad, mengungkapkan akan pentingnya pembinaan pada generasi berencana untuk remaja di Kota Tangsel. Karena menurutnya, saat ini permasalahan remaja sangatlah kompleks.

“Kita harus tahu ke depannya kita ingin jadi apa, dan mau seperti apa, maka penyuluhan dan pemberian motivasi untuk anak-anak remaja ini penting dilakukan, karena yang menentukan kita sukses tidaknya hanya diri kita sendiri,” ungkap Muhammad di hadapan peserta sosialisasi.

Bagi Muhammad, permasalahan remaja dewasa ini merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan TRIAD KRR (tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza).

“Hal ini merupakan potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan ke depan,” imbuhnya.

Muhammad juga menyampaikan, permasalahan lain yang cukup memprihatinkan pada remaja adalah banyaknya remaja terpapar HIV/AIDS dan Narkoba. Yang sebagian besarpenyalah guna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa.

“Sebab itu, bimbingan kepada anak sangat penting, agar anak remaja ini mempunyai akhlak yang baik, mental yang bagus, dan terhindar dari narkoba, karena tanda adanya bimbingan anak-anak ini rentan untuk terkena narkoba,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMP3AKB Kota Tangsel Khairati menjelaskan, bahwa Program GenRe adalah Program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Program GenRe ini dilaksanakan melalui pendekatan langsung kepada remaja serta orang tua yang memiliki remaja. Pendekatan kepada remaja/mahasiswa dilaksanakan melalui pengembangan Pusat informasi dan konseling remaja/mahasiswa (PIK R/M) dengan menjadikan remaja sebagai pengelola, pendidik dan konselor sebaya sehingga kelompok ini dikelola dari oleh dan untuk remaja/mahasiswa,” terangnya.

“PIK remaja/mahasiswa ini lah yang akan menjadi suatu wadah untuk memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi,” tutupnya. /Mrs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here