Perbedaan Jomplang Shin Tae Yong dan Pelatih Timnas Curacao

JAKARTA | Duel Timnas Indonesia vs Curacao akan mempertemukan dua pelatih yang memiliki perbedaan prestasi yang jomplang antara Shin Tae Yong dan Remko Bicentini.

Shin Tae Yong yang saat ini melatih Timnas Indonesia merupakan pelatih yang sudah memiliki nama di pentas dunia. Pelatih asal Korea Selatan itu pernah merasakan kerasnya persaingan Piala Dunia.

Bersama timnas Korea Selatan, Shin Tae Yong tampil di Piala Dunia 2018. Meski gagal lolos ke babak 16 besar setelah finis di posisi tiga Grup F, Shin Tae Yong mampu menciptakan kejutan setelah mengalahkan Jerman yang ketika itu berstatus juara bertahan di fase grup.

Di level klub Shin Tae Yong juga mampu meraih prestasi cukup bagus. Pelatih 52 tahun itu berhasil membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjadi juara Liga Champions Asia pada 2010.

Saat ini Shin Tae Yong sangat diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember mendatang.

Dalam laga Indonesia vs Curacao, Shin akan adu strategi melawan Remko Bicentini yang kembali menjadi pelatih timnas Curacao pada 2022.

Bicentini lebih banyak berkutat di timnas Curacao sejak 2011. Pria 54 tahun itu menjadi asisten timnas Curacao pada 2011-2016, kemudian ditunjuk menjadi pelatih kepala pada 2016-2020.

Setelah sempat menjadi asisten pelatih timnas Kanada pada 2021-2022, Bicentini kembali dipercaya menjadi pelatih timnas Curacao pada 2022.

Sebelum Bicentini kembali, timnas Curacao sempat dilatih Guus Hiddink. Pelatih asal Belanda itu pernah membawa skuad Oranje menempati peringkat keempat di Piala Dunia 1998.

Hiddink melatih Curacao kurang lebih dalam kurun waktu satu tahun sejak 2020 hingga 2021. Setelah terkena Covid-19, Hiddink memberi tongkat estafet kepada mantan bintang Belanda Patrick Kluivert. Selepas Kluivert hengkang, Curacao kemudian dilatih Art Langeler baru kemudian saat ini berada di bawah arahan Bicentini.

Secara prestasi, belum ada gelar atau pencapaian luar biasa yang pernah diraih Bicentini. Meski begitu Bicentini saat ini melatih timnas Curacao (84), yang secara ranking FIFA jauh di atas Indonesia (155). Dikutip dari CNN Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *