Beranda BANTEN Orasi Kebangsaan di Unsera Banten, Jendral TNI: Kompetisi Global Harus Dicermati

Orasi Kebangsaan di Unsera Banten, Jendral TNI: Kompetisi Global Harus Dicermati

0

Katanews.id – BANTEN – Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo menyampaikan orasi kebangsaan dihadapan 1.500 mahasiswa baru Universitas Serang Raya (Unsera), Kota Serang, Provinsi Banten, Kamis (14/9/2017).

Dalam kesempatan tersebut, ia berbicara mengenai tantangan dan peluang Bangsa Indonesia dalam menghadapi kompetisi global yang harus di waspadai, karena suatu saat nanti ketersediaan pangan akan lebih sedikit dari pupolasi jumlah penduduk.

“Saat ini, Indonesia bagaikan gadis yang suatu saat nanti negara pertiwi kita akan dilirik oleh banyak penduduk yang ada dunia. Bisa dilihat sekarang, penduduk baru luar negara mulai berdatangan dan jumlahnya meningkat setiap tahun,” ujar Gatot saat sambutan.

Ia menyakini suatu saat nanti negara lain akan mencari sumber pangan ke negara eksekutor termasuk Indonesia. Sebab menurutnya, Indonesia termasuk negara yang besar dan memiliki sumber daya alam dengan garis pantainya sepanjang 5,8 juta KM2.

“Tren sekarang, perang berlatar belakang energi sangat dikhawatirkan. Ke depan yang berubah sekaligus lebih berbahaya yakni perang berlatar belakang pangan, tumbuh-tumbuhan, dan hasil bumi. Kompetisi global ini perlu dicermati betul, sebagai salah satu ancaman nyata kehidupan ke depan,” pungkasnya. /Dvd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here