Beranda KOTA TANGERANG SELATAN Keren! Warga Tangsel Sudah Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Keren! Warga Tangsel Sudah Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

0

Katanews.id – KOTA TANGERANG SELATAN – Pelayanan berbasis online terus digencarkan untuk mempermudah masyarakat dalam segala hal. Termasuk juga dalam transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Ya, kali ini masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) patut berbangga hati, karena program E-Samsat (Elektronik Samsat) resmi diluncurkan. Cukup hanya dengan waktu sekitar sepuluh detik di ATM Bank Banten, maka transaksi pembayaran pajak bermotor pun selesai dengan struk tercetak.

“E-Samsat telah mempermudah transakasi pembayaran kendaraan bermotor, jadi kita tidak perlu ke Samsat lagi cukup dengan mencari Bank Banten terdekat saja. Seperti kita ketahui, sebelum adanya E-Samsat pelanggan hadir dan melakukan antrian yang amat panjang, dan semoga nantinya setelah adanya E-Samsat masyarakat bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat,” ujar Kepala Samsat Serpong, Tb. M. Kurniawan, Jumat (8/9/2017).

Ia juga mengatakan, dengan jumlah SDM dan fasilitas yang ada pihaknya juga menyatakan siap untuk program e-samsat tersebut yang hadir di Tangsel, lantaran selain mempermudah juga mempersingkat waktu untuk melakukan transaksi.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan dengan adanya e-samsat Banten yang bekerjasama dengan Bank Banten, Jasa Raharja, Polda Metro Jaya dan Bapenda Banten, dalam menangani PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), Registrasi dan Indentifikasi kendaraan, perpanjang STNK serta kepengurusan yang ada di samsat ini diharapkan mampu mempermudah pelayanan samsat terhadap masyarakat.

“Ini merupakan inovasi dan kerjasama antara Bank Banten, Bapenda Banten, Polda PMJ dan Jasa Raharja dalam mempermudah dan agar lebih praktis, karena dari pajak pelayanan kendaraan bermotor, tahun ini kita sudah mencapai Rp 5,5 Triliun, dan saat ini sudah Rp 3,7 Triliun dari target itu,” kata Wahidin saat melaunching E-Samsat.

Selain mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Wahidin berharap adanya E-Samsat ini juga mampu meningkatkan ekonomi yang ada di Banten, khususnya di Tangsel serta mampu membentuk kontribusi.

“Saya minta ke setiap UPT agar bisa menganalisa dan mampu membuat proposal untuk bisa melakukan pengukuran dan penagihan pajak khususnya di tangsel, agar semuanya siap,” pinta Wahidin.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Utama Bank, Banten Fahmi Bagus Mahesa. Menurutnya, melalui kerja sama ini, maka semakin lengkap pelayanan yang diberikan oleh Bank Banten kepada masyarakat Banten pada khususnya.

“Hal ini akan mempercepat dan mempermudah pelayanan bagi Wajib Pajak (WP) dalam membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank Banten. Tentu saja, harapan kami adalah meningkatkan kesadaran masyarakat guna membayar pajak daerah, khususnya PKB,” ungkapnya. /Mrs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here