Kemenkeu Putuskan Nasib Aset Tak Laku Tommy Soeharto Bulan Depan

JAKARTA | Kementerian Keuangan bakal memutuskan nasib aset Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang tak laku lelang bulan depan.

Pemerintah memang sudah melakukan lelang sebanyak tiga kali untuk aset Tommy yang disita. Namun hasilnya nihil atau tak ada yang membeli.

“Tunggu saja sebentar lagi ada langkah terkait aset itu. Mungkin bulan depan kalian akan tahu aset itu akan kita apakan,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Kementerian Keuangan Rionald Silaban dalam diskusi virtual, Jumat (16/9).

Rionald mengakui lelang tersebut tak laku karena nilainya yang terlalu besar. Sehingga pemerintah harus mencari cara lain untuk menjual aset tersebut.

Maklum saja, aset yang disita pemerintah terkait kasus BLBI tersebut terdiri dari empat bidang tanah dengan total nilai Rp2 triliun.

“Aset itu luas ya. Nilainya besar dan kita memahami karena luas dan tinggi nilainya itu yang membuat peminatnya sangat terbatas. Kita sudah memikirkan langkah yang bakal ditempuh,” imbuhnya.

Sebelumnya, Rionald menyampaikan salah satu opsi yang bakal ditempuh dalam menjual aset Tommy adalah memecah menjadi beberapa bagian. Sehingga, nantinya nilainya tak terlalu tinggi.

“Itu salah satu opsi kita nanti,” kata dia saat ditemui di Gedung DPR RI.

Berikut daftar aset Tommy Soeharto yang sudah disita oleh Satgas BLBI, namun tak laku meski sudah tiga kali lelang:

Pertama, tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

Ketiga, tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen. Dikutip dari CNN Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *