Beranda KOTA TANGERANG SELATAN Kejagung Undang Airin Bahas Korupsi

Kejagung Undang Airin Bahas Korupsi

0

Katanews.id – KOTA TANGERANG SELATAN – Guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kejaksaan agung mengundang Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany guna memaksimalkan kinerja Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4D) di daerah.

Kepala Kejagung, Muhammad Prasetyo, yang mendapatkan interupsi dari Presiden RI Joko Widodo tentang kekhawatiran yang dirasakan oleh kepala daerah mengenai hukum. Kekhawatiran tersebut membuat penyerapan anggaran kian rendah.

Padahal, katanya, ketakutan seperti itu justru akan menjadi boomerang bagi kepala daerah. Sebab, jika tidak melakukan kesalahan, tidak ada yang perlu ditakutkan.

”Saya sampaikan, jangan takut. Kalau takut ya salah,” ujarnya dalam pertemuannya dengan beberapa kepala daerah di Jakarta, Rabu (24/1/2017).

Untuk menanggulangi permasalahan itu, kini Kejagung memaksimalkan kinerja TP4D yang bertugas untuk mengawasi kinerja setiap kepala daerah dan ASN-nya. Titik beratnya adalah melakukan langkah-langkah dan pendampingan sejak awal untuk pencegahan.

”Ini ide awal kami. Dan Presiden juga menyambut baik. Tapi kembali saya tegaskan tim ini hanya bekerja untuk pencegahan saja,” katanya.

Adapun cara kerjanya, lanjut Prastyo, dengan tim ini mendapat masukan bahwa kepala daerah merasa aman dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

”Jadi mulai pembentukan program, perencanaan anggaran, pencairan anggaran, sampai dengan output program tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Prasetyo mengatakan TP4D ini nantinya akan dibantu dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam melakukan kinerjanya.

”Karena tujuannya sama, mengawasi kinerja Pemerintah Daerah. Selain itu juga sampai tahap ini tidak menutup kemungkinan jika TP4D ini juga memiliki peran dalam penindakan. Tapi segalanya sedang di dalam proses,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany yang juga sebagai ketua Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) Indonesia, mendukung penuh rencana tersebut. Mengingat betapa dinamikanya masyarakat di daerah-daerah di Indonesia.

”Dengan adanya bantuan ini, saya yakin proses pembangunan di setiap daerah bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kecurangan-kecurangan yang dikhawatirkan. Apalagi maraknya OTT yang ada di Indonesia, jadi mau tidak mau kita harus berperan aktif dalam tindakan pencegahannya. Karena itu saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatian Kejagung terhadap kami,” pungkasnya. /Mrs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here