Beranda HL Kajian Strategis KNPI, Pembangunan Non Fisik Harus Menjadi Prioritas di Wilayah

Kajian Strategis KNPI, Pembangunan Non Fisik Harus Menjadi Prioritas di Wilayah

0

katanews.id – KOTA TANGERANG – Memasuki masa Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tahun 2020 Tingkat Kelurahan dan Kecamatan di Kota Tangerang mulai digelar. Pasalnya, DPD KNPI Kota Tangerang melalui Wakil Ketua Bidang Kajian Strategis dan Perencanaan Pembangunan Daerah menghimbau kepada pengurus Kecamatan untuk ikut terlibat aktif dalam merumuskan pembangunan di wilayah masing-masing.

Wakil Ketua Bidang KSP2D DPD KNPI Kota Tangerang Ryan Erlangga mengatakan, dirinya menghimbau agar usulan saat musrembang di tingkat kelurahan dan kecamatan tidak semata-mata usulan fisik, akan tetapi usul non fisik juga harus menjadi skala prioritas.

“Kita (DPD KNPI-red) berharap, usulan pembangunan non fisik juga harus menjadi prioritas dalam pembangunan,” katanya.

Menurut Ryan, Pembangunan non fisik yang dimaksud seperti pelatihan kepemudaan, pemberdayaan masyarakat baik itu berupa UMKM, pencegahan peredaran narkoba, pencegahan darurat bencana dan lain sebagainya.

“Ya, yang menjadi bagian dari pembangunan non fisik atau sosial yaitu, meliputi pembangunan manusia, ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Maka ketika pembangunan fisik seimbang dengan pembangunan non fisik akan menimbulkan kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Kota Tangerang,” paparnya.

Dengan adanya rencana anggaran di setiap kelurahan, lanjut Ryan, bertanda bisa menjadi pintu masuk bagi generasi muda dan masyarakat untuk menciptakan kewirausahaan di wilayah, dengan terciptanya UMKM baru dan pengusaha baru lokal dapat mendorong perputaran ekonomi yang baik di masyarakat.

Ryan juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Tangerang yang sudah merumuskan kampung-kampung tematik dalam menciptakan pembangunan manusia. “Syukur Alhamdulillah, Pemerintah Kota Tangerang sudah sangat peduli dalam menciptakan pembangunan non fisik, tinggal bagaimana kita (masyarakat-red) juga bisa merespon baik rencana tersebut,” pungkasnya. /Rill

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here