Beranda HIBURAN Ini Kumbang Unik yang Miliki Tanduk

Ini Kumbang Unik yang Miliki Tanduk

0
Glowworm dilihat dari depan.(bbs/bbs/istimewa/net)
Glowworm dilihat dari depan.(bbs/bbs/istimewa/net)

K ATANEWS,-Serangga kumbang terkadang menjadi hewan yang sangat jarang dilihat dan diperhatikan. Karena jarang terlihat ataupun biasanya mereka berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

Nah, terdapat satu keluarga kumbang Phengodidae juga dikenal sebagai kumbang Glowworm. Jantan Glowworm, dikutip dari berbagai sumber, memiliki tanduk panjang dengan bulu halus di bagian kepalanya. Kumbang ini lebih aktif di malam hari karena sangat tertarik pada nyala lampu.

Kecantikan jenis kumbang ini tidak hanya dapat dilihat melalui tanduknya. Kumbang Glowworm betina ternyata bisa menghasilkan cahaya seperti kunang-kunang. Masyarakat menyebutnya sebagai ‘cacing kereta api’, karena tubuhnya memiliki segmen seperti gerbong kereta. Sayangnya, hanya kumbang betina saja yang dapat menghasilkan cahaya ini.

Kumbang Glowworm betina merupakan predator yang memangsa kaki seribu dan antropoda (hewan berbuku-buku) yang muncul di sampah atau tanah. Kumbang ini biasanya ditemukan di permukaan tanah dan cenderung muncul setelah hujan. Kumbang betina umumnya memiliki ukuran lebih besar dari yang jantan.

Berbeda dengan betina, kumbang jantan tidak makan, dan memiliki umur yang lebih pendek dari betina. Sekira 250 spesies kumbang ini tersebar di The New World, termasuk Kanada dan Chili, Amerika. Sebagian besar spesies hidup di sebelah selatan Rio Grande.(berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here