Beranda GENERAL Ini Kriteria Gubernur Bank Indonesia Versi Akumindo

Ini Kriteria Gubernur Bank Indonesia Versi Akumindo

0
Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) M Ikhsan Ingratubun

Jakarta, katanews.id pergantian Gubernur Bank Indonesia kian dekat, medio Mei 2018. Saat ini, nama-nama yang cocok menggantikan posisi Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardoyo kian santer disebut. Namun dari semua nama yang beredar, Ikhsan Ingratubun, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia menyampaikan bahwa Gubernur BI mendatang haruslah orang yang bisa menerjemahkan arah pembangunan Perbankan ke depan.

Erat kaitannya dengan pengembangan UMKM di Indonesia, Gubernur BI pasca Agus Martowardoyo adalah orang yang cukup punya krebilitas, jam terbang, dan jaringan yang luas serta punya political dan Good Will yang baik untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

Karena, imbuh Ikhsan, bahwa selama ini terbukti bantuan Bank Dunia untuk UMKM senilai 40 Jt USD belum terserap dengan pola yang belum Jelas. “Pola yang jelas membuat penyerapan bantuan Bank Dunia untuk UMKM di Indonesia mempunyai darah segar untuk berkembang dan meningkatkan daya saing dan kompetensinya di pasar global, sehingga UMKM lokal menjadi lebih berdaya dan mandiri serta mampu bicara di pasar global,” pungkas Ikhsan.

Karena itu, Gubernur Bank Indonesia mendatang, menurut Ikhsan haruslah orang yang mempunyai jaringan dan pengaruh dari sisi Global dan Regional Asia. “Jadi, Gubernur BI pasca Pak Agus adalah orang yang dapat mengetahui kondisi keuangan Makro dan Mikro, baik di regional Asean atau pun Global,” katanya dengan semangat.

Kedua, mempunyai kemampuan dan kompetensi dalam bidang Treasury management yang bisa menciptakan Peluang dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. “Bukan Orang Finance bisanya memakai, me-manage dan mengeluarkan. Orang Finance cenderung nggak bisa intervensi, Treasury mampu mengintervensi agar Rupiah tidak terpuruk,” demikian Ikhsan menjelaskan.

Selanjutnya, masih dalam pandangan Ikhsan, Gubernur BI mendatang harus mampu menciptakan dan membela Peluang UMKM dengan cara Menjamin UMKM dapat dengan mudah mendapatkan kredit di Bank dengan tanpa Jaminan. “Sehingga peluang bagi UMKM untuk besar dan berkembang bukan lag sebatas jargon saja. Suku bunga yang rendah dengan segala kemudahan dan kelonggaran yang diberikan, membuat UMKM lokal bisa meningkakan kapasitasnya untuk bersaing dan besar, dan tentunya lebih baik jika Gubernur BI pasca Agus adalah orang yang punya kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan UMKM Indonesia,” demikian harapan Ikhsan Ingratubun, Ketua Umum Akumindo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here