Beranda NASIONAL Hari Gizi Nasional 2019, Stunting Masih Jadi Perhatian Kemenkes

Hari Gizi Nasional 2019, Stunting Masih Jadi Perhatian Kemenkes

0

Katanews.id – NASIONAL – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh hari ini, Jumat (25/1/2019), mengingatkan kembali tentang status gizi masyarakat di Indonesia. Sebagai negara dengan keberagaman pangan, Indonesia memiliki dua masalah gizi, yaitu stunting dan obesitas.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg Oscar Primadi, MPH bahwa stunting masih menjadi fokus Kementerian Kesehatan terkait masalah gizi.

“Dalam lima tahun terakhir, status gizi mengalami perbaikan yang cukup menggembirakan. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka prevelensi balita stunting mengalami penurunan. Meski demikian, angka itu tetap berada di batas ambang batas,” kata Oscar seperti dikutip dari iNews.id saat acara puncak Hari Gizi Nasional di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).

Berdasarkan Riskesdas 2018, angka persentase balita yang stunting memang mengalami penurunan dari 37,2 persen pada Riskesdas 2013 menjadi 30,8 persen. Namun, ini masih di atas angka toleransi World Health Organization (WHO), yakni 20 persen.

Angka stunting yang masih tinggi tersebut juga terkait dengan kesehatan, serta asupan makanan ibu selama masa kehamilan. Menurutnya, itulah pentingnya pengetahuan terkait 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang mencakup kesehatan ibu saat hamil dan bayi hingga berusia dua tahun.

Demi mengatasi persoalan stunting, Oscar menambah, pihaknya akan memprioritaskan upaya preventif atau pencegahan. Upaya-upaya tersebut, kata dia, memberikan dampak signifikan dalam menurunkan angka stunting.

“Upaya penanggulangan masalah gizi dilakukan melalui perbaikan pola asuh, pola makan, peningkatan akses air bersih dan sanitasi, serta peningkatan aktivitas fisik. Kebijakan kesehatan dan pendidikan gizi perlu fokus pada pencegahan dini daripada pengobatan,” kata dia.

Tak hanya memprioritaskan upaya preventif, stunting juga menjadi prioritas nasional juga ditangani oleh kementerian lintas sektor seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Pendidikan. Mereka menekankan pencegahan penurunan kognitif pada anak stunting. /Sb-INs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here