Beranda ADVERTORIAL Festival Budaya Kota Tangerang Jadi Miniatur Budaya Indonesia

    Festival Budaya Kota Tangerang Jadi Miniatur Budaya Indonesia

    0

    Katanews.id – KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang kembali menggelar festival budaya nusantara, Minggu (11/11/2018) pagi. Event tahunan yang sudah kedua kalinya ini pun sukses menarik perhatian masyarakat luas.

    Bukan hanya dari warga Kota Tangerang, festival budaya ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan luar daerah Kota Tangerang. Diantaranya Kota Cilegon, Serang Banten, Sulawesi Selatan dan Kediri Jawa Timur.

    Tampak ribuan orang memadati alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang. Mereka terbagi dalam 51 rangkaian peserta yang mengenakan pakaian daerah dari 34 Provinsi di Indonesia.

    Rangkaian pawai festival budaya Nusantara melalui rute Lapangan Ahmad Yani, Pintu Utara Lapangan (Masjid), Jl. Dewi Sartika dan berpusat di Puspem Kota Tangerang ini dimeriahkan oleh Dinas, Badan, Kantor dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang serta berbagai komunitas seni budaya lainnya.

    Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah mengatakan, event tersebut bertujuan dalam rangka menyambut hari pahlawan yang jatuh pada 10 November kemarin.

    “Tahun ini ada 2.100 peserta dan 51 rangkaian yang ikut berpartisipasi. Mudah mudahan kegiatan ini menjadi semangat bagi warga Kora Tangerang untuk melestarikan lebudayaan Indonesia,” ujarnya, Minggu (11/11).

    Dalam kesempatan itu, Walikota juga berharap agar generasi milineal juga dapar menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

    “Bagaimanapun juga ini adalah warisan dari para leluhur dan pejuang yang harus dilestarikan. Inilah kebudayaan Indonesia,” tambahnya.

    Lebih lanjut, dengan adanya keberagaman yang ada menjadikan di Kota Tangerang sebagai miniatur Negara Indonesia. Kehadiran mereka menunjukkan keberagaman budaya di Kota Tangerang, mulai dari etnis Tionghoa, hingga berbagai komunitas budaya lokal.

    “Ini menunjukkan bahwa walaupun beragam budaya, namun Tangerang tetap kondusif dan aman,” terang Walikota.

    Dia juga menyatakan kebanggaannya pada pagelaran Festival Budaya Nusantara dan berharap ditengah era kaum milenial budaya tetap dilestarikan.

    “Kita Tangerang, kita Indonesia dan kita bangga berbudaya Indonesia, kita harus kobarkan semangat untuk melestarikan budaya terlebih pada generasi millenial yang terkadang lebih menyukai budaya luar,” ujarnya.

    “Semoga Indonesia senantiasa disatukan dalam keindahan budaya demi keberlangsungan dan kemajuan Kota Tangerang,” tandasnya.

    Acara yang digelar mulai dari tanggal 11-15 November 2018 ini, akan menampilkan suguhan menarik diantaranya Tari Kolosal, Wayang Golek, Gambang Kromong, Barongsai & Liong, Wayang Orang Brata Yudha, Lenong Betawi, Calung, Light Dance, dan masih banyak lagi.

    Dalam Festival Budaya Nusantara II ini juga digelar berbagai macam perlombaan seperti lomba fotografi, lomba fashion carnaval (nasional), lomba kreasi bela diri se Jabodetabek, lomba Gambang Kromong se Jabodetabek, lomba kreatifitas seni tari Nusantara, lomba parade seni musik tradisi, lomba desain dan fashion batik Nusantara tingkat nasional. /ADV

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here