Beranda KATA WARGA Diduga Pungli, Wali Murid Keluhkan Rencana Study Tour di Sekolah

Diduga Pungli, Wali Murid Keluhkan Rencana Study Tour di Sekolah

0

katanews.id – KOTA TANGERANG – Pemerintah Indonesia terbitkan Undang-undang melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) untuk menghindari terjadinya pungutan khususnya di Sekolah dengan dalih kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan Program Pendidikan.

Namun, Perpres tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang. Walaupun bertentangan dengan Perpres 87/2016, diduga masih banyak Sekolah yang melakukan pungli terhadap orangtua siswa dengan dalih acara jalan-jalan, study tour, kegiatan pengenalan karakter dan lain-lainnya.

Seperti di salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di wilayah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, melakukan kegiatan jalan-jalan (study tour) ke Yogyakarta dengan biaya per siswa dipungut sebesar Rp.1,380 Juta. berdasarkan info orangtua siswa dan bukti rekaman vidio saat wali murid sedang membayar uang untuk study tour tersebut.

Salah satu wali murid yang tidak mau disebutkan namanya merasa keberatan adanya study tour yang yang dilakukan pihak sekolah.

“Saya merasa keberatan adanya agenda yang dilakukan sekolah untuk pergi ke yogyakarta tesebut, lantaran anak Saya baru kelas X,” ucapnya saat ditemui awak media, Sabtu (31/03/2018).

Dirinya juga merasa terpaksa untuk membayar uang study tour tersebut karena mendapat tuntutan dari anak. “Terpaksa saya bayar lantaran anak Saya menuntut, karena merasa gak enak kalau tidak ikut,” tandasnya.

Sayangnya setelah pemberitaan ini diturunkan, katanews.id belum dapat mengkonfirmasi pihak sekolah atas keluham wali murid tersebut. /rill

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here