Beranda GENERAL Dibutuhkan Konsistensi Untuk Normalisasi Ciliwung

Dibutuhkan Konsistensi Untuk Normalisasi Ciliwung

0
Normalisasi Ciliwung.RML/Istimewa/Net

KATANEWS-Saat musim penghujan tiba, Seluruh wilayah ibukota dan sekitarnya diguyur merata. Belum rampungnya normalisasi Sungai Ciliwung karena terkendala beberapa hal, sementara tujuan normalisasi tersebut untuk mengantisipasi banjir

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pesimis jika normalisasi sungai Ciliwung bisa selesai dalam waktu lima tahun ke depan.

“Itu mah belum rampung, lima tahun saya pikir tidak akan rampung juga. Setidaknya membutuhkan waktu sepuluh tahun dan harus konsisten,” jelasnya usai menghadiri peresmian program #TrotoarKita di area Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Jakarta (Minggu, 8/10).

Pekerjaan normalisasi sungai Ciliwung dilakukan dengan kontrak tahun jamak atau multiyears sejak tahun 2013 hingga 2016. Namun karena terkendala pembebasan lahan, pengerjaan itu diperpanjang hingga akhir 2017.

Menurut Djarot, pembebasan lahan memang menjadi salah satu kendala besar dalam pekerjaan tersebut. Normalisasi sulit dilakukan karena hingga saat ini masih ada masyarakat yang mendirikan bangunan di bantaran Ciliwung.

“Memang belum rampung karena masih banyak yang mengokupasi bantaran-bantaran sungai,” katanya.

Normalisasi Sungai Ciliwung dikerjakan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Ditjen Sumber Daya Air yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Balai mendapat tugas untuk melakukan normalisasi bantaran sungai sepanjang 19 kilometer. [RM/Berbagai Sumber]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here