Bukan Shin Tae Yong, Ini Calon Pengganti Hang Seo di Timnas Vietnam

Olahraga61 Dilihat

JAKARTA | Dari beragam spekulasi, nama Phillipe Troussier bisa jadi pengganti Park Hang Seo di timnas Vietnam, bukan Shin Tae Yong.

Kontrak Park Hang Seo dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) habis pada Januari 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu memilih tidak melanjutkan kerja sama di Vietnam.

Nama Shin Tae Yong sempat disebut sebagai kandidat kuat pengganti Park Hang Seo. Itu karena Shin Tae Yong akan mundur dari Timnas Indonesia jika Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur dari Ketua PSSI.

Shin Tae Yong jadi salah satu bidikan karena memberikan kemajuan bagi Timnas Indonesia. Di tangan Shin Tae Yong Indonesia jadi runner up Piala AFF 2020 dengan mayoritas pemain muda, medali perunggu SEA Games 2021, dan membawa U-20 serta senior ke Piala Asia 2023.

Akan tetapi media Vietnam Bongdaplus mengeluarkan berita terbaru kalau bukan Shin Tae Yong yang jadi pengganti Park Hang Seo, melainkan Phillipe Troussier.

Phillipe Troussier adalah pelatih asal Prancis yang memiliki rekam jejak menangani sejumlah tim nasional, seperti Pantai Gading, Burkina Faso, Nigeria, Afrika Selatan, hingga Maroko.

Di Asia Troussier yang memiliki julukan “penyihir putih” pernah melatih Jepang dan Qatar. Pelatih 67 tahun tersebut memiliki sederet pencapaian apik.

Troussier membawa Jepang juara Piala Asia 2000, lalu mengantar Jepang U-20 jadi runner up Piala Dunia U-20 pada 1999. Dia juga tercatat meloloskan Nigeria ke Piala Dunia 1998 dan menempatkan Jepang ke 16 besar Piala Dunia 2002.

Troussier sendiri pernah membantu Vietnam U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Akan tetapi turnamen itu batal bergulir karena pandemi Covid-19.

Dengan mempertimbangkan sejumlah faktor tersebut, Phillipe Troussier dianggap sebagai sosok tepat menggantikan Park Hang Seo di timnas Vietnam usai Piala AFF 2022.

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *