Bendera Kirab Pemilu 2024 Tiba di Palembang

Ini Rute yang Dilalui Selama di Palembang

Palembang – KPU Kota Palembang menerima bendera kirab pemilu 2024 bertempat di Kantor KPU Palembang, Rabu (12/7/2023).

Ketua KPU Kota Palembang, Syawaludin, S.H.I mengatakan, hari ini sertijab bendera kirab pemilu 2024, dari KPU Ogan Ilir ke KPU kota Palembang. Kirab ini terakhir karena kemarin sudah dijalani KPU Provinsi Sumsel menerima bendera kirab dari Provinsi Bangka Belitung dan sudah dilaksanakan di 16 kabupaten se Sumsel.

“Hari ini terakhir KPU kota Palembang akan mensosialisasikan di 4 zona di kota Palembang. Itu terbagi dari 6 dapil kita dibuat 4 zona,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, tujuan kirab ini adalah KPU mensosialisasikan kepada masyarakat pertama mengingatkan masyarakat untuk hadir pada tanggal 14 Februari 2024 di TPS masing-masing. Selain itu, memperkenalkan bendera partai yang ada 18 partai di kota Palembang.

“Hari ini jam 13.00 kita akan melaksanakan pawai bendera zona dan rute sudah kami sepakati jam satu ini setelah itu serah terima ke PPK yang sudah ditentukan di 4 zona, itu pertama awalnya dari Kertapati, Seberang Ulu 1, Jakabaring, Plaju dan Seberang Ulu 2. Mobil akan menginap satu hari di kecamatan Seberang Ulu 2,” katanya.

Kemudian, sambung dia, untuk zona 2 mulai dari Bukit Kecil, IB 1, Gandus, IB2, dan mobil akan diinapkan di IB2. Dan seterusnya di dapil 2 itu di zona 3 di Alang-Alang Lebar, Sukarami,Sako Sematang Borang. Dan dilanjutkan ke zona 4 itu di IT 1, IT 2 dan mobil menginap di IT 1.

“Selanjutnya, tanggal 17 kami dari KPU Palembang dan Provinsi akan menyerahkan langsung ke KPU kabupaten Mesuji Provinsi Lampung,” ucapnya.

Dia menerangkan, selama kirab pihaknya mensosialisasikan ke masyarakat begitu tugas rekan-rekan PPK, PPS di setiap zona itu pertama.

“Kita juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwasanya tanggal 14 Februari 2024 untuk datang ke TPS, dan kami mensosialisasikan 18 partai politik. Kami akan sosialisasikan baik itu di kalangan masyarakat pinggiran kota Palembang, ke tepi sungai, sekolahan adik pemula. Kemudian ke pasar-pasar ini yang kita langsung ada waktu 6 hari ini m, kita maksimalkan sosialisasi ini agar masyarakat lebih paham dan ada keinginan untuk hadir dan tidak golput,” tuturnya.

Syawaludin menjelaskan, untuk DPT kota Palembang sudah ditetapkan 1.225. 548 mata pilih di 18 kecamatan dan 17 kelurahan. Untuk pemilih pemula Itu persentasenya ada di sekitar 36%.

Dia menuturkan, pada tahun 2019 Partisipasi pemilih di Palembang mencapai 82 persen. “Kita targetkan di atas itu, tapi menunggu target dari pusat,” ucapnya.

Ketika ditanya untuk pemilih disabilitas dia mengungkapkan, Insya Allah komitmen KPU RI sudah di statemen oleh KPR RI bahwa untuk disabilitas KPI akan memfasilitasi dengan semaksimal mungkin.

“Insya Allah di 2024 ada sarana prasarana untuk saudara disabilitas. Selain itu, untuk TPS khusus kita di Palembang ada 11 yakni di LP dan lapas dan lapas ada 11 TPS khusus. Untuk DPT-nya mencapai 3000 lebih,” tandasnya. (Yanti)