Angka Kematian Tinggi, Waspada Gejala Gagal Ginjal Akut Berikut Ini

Nasional44 Dilihat

JAKARTA | Angka kematian kasus gagal ginjal akut di Indonesia terbilang tinggi, hingga mencapai 48 persen dari total keseluruhan kasus.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa gejala gagal ginjal akut. Mulai dari fase awal hingga fase lebih parah.

Tingginya angka kematian gagal ginjal akut pada pasien anak di Indonesia bukan tanpa sebab. Seturut namanya, penyakit misterius ini menyerang ginjal, salah satu organ vital dalam tubuh manusia.

“Ginjal ini pusat metabolisme tubuh,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Mohammad Syahril dalam konferensi pers daring, Rabu (19/10). Kerusakan pada ginjal akan turut berpengaruh terhadap organ-organ penting lain yang dimiliki tubuh manusia.

Hingga Selasa (18/10), sebanyak 99 dari total 206 pasien gagal ginjal akut dilaporkan meninggal dunia. Angka ini setara dengan 48 persen dari total keseluruhan kasus.

Gagal ginjal akut merupakan kondisi menurunnya fungsi ginjal secara cepat dan tiba-tiba. Kondisi ini membuat ginjal tak mampu memproduksi urine yang sebenarnya jadi sarana pembuangan racun tubuh.

Gejala Gagal Ginjal Akut

Perkembangan penyakit satu ini disebut cepat dan mendadak. Pasien juga umumnya mengalami perburukan yang cepat.

Demi mendapatkan penanganan sesegera mungkin, Anda perlu tahu beberapa gejala gagal ginjal akut yang umum dialami pasien.

Dokter spesialis anak konsultan Henny Adriani mengatakan bahwa pada dasarnya, gejala yang ditimbulkan sama dengan gejala penyakit ginjal lainnya.

“Selalu dimulai dari produksi urine menurun, kemudian tidak kencing sama sekali,” ujar Henny, pekan lalu.

Berikut beberapa tanda gagal ginjal akut:

– demam,

– diare,

– batuk-pilek,

– mual-muntah,

– frekuensi kencing menurun atau tidak sama sekali.

Henny mengingatkan orang tua untuk waspada saat buang air kecil anak terpantau tidak lancar. Idealnya, anak buang air kecil sebanyak 5-6 kali dalam sehari atau sekitar 3-4 jam sekali.

“Begitu jumlah kencingnya berkurang, maka harus langsung dibawa ke dokter,” ujar Henny.

Dalam kondisi yang lebih parah, ada beberapa gejala lain yang akan muncul. Gejala ini biasanya terjadi saat penurunan fungsi ginjal telah mencapai 50 persen. Berikut di antaranya:

– badan membengkak,

– napas cepat dan dalam,

– gangguan elektrolit,

– kejang karena tekanan darah tinggi.

Demikian beberapa gejala gagal ginjal akut yang perlu diketahui. Segera datangi fasilitas layanan kesehatan jika anak mengalami beberapa gejala di atas.

Sumber:CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *