Andi:Terikan Yel Pemuda Produktif, Wujudkan Sumsel Kondusif

Palembang56 Dilihat

PALEMBANG | Ruang Gagasan gelar Talkshow South Sumatera Youth Leaders Forum untuk dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun, bertempat di Gedung DPD RI Perwakilan Sumatera Selatan, Senin (31/10/2022).

Talkshow ini dihadir 100 mahasiswa dari ikatan pemuda dalam rangka mengadakan talkshow dengan tema “Bersatu Membangun Bangsa”, selain talkshow juga melauching Pemuda Pengerak Sumsel Mandiri Pangan.

Pemuda-pemuda ini  nanti akan membantu semua masyarakat rumah tangga miskin dan dibantu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dr Ir HR Bambang Pramono Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Provinsi Sumatera Selatan, Hendri Daya Putra, SAg, anggota KPU Provinsi Sumsel Divisi Teknis Penyelenggara, AKBP M. Syobirin, S.H., M.H Kasubdit III Direktorat Intelkam Polda Sumsel, dan mahasiswa/i di Sumsel.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Provinsi Sumatera Selatan, Dr Ir HR Bambang Pramono mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat kreatif, sangat membanggakan. Inovasi maupun terobosan yang dilakukan Ruang Gagasan tergabung dari semua universitas di Sumsel.

“Apa tugasnya, tugasnya tentu saja pemuda-pemudi ini membantu mendampingi rumah tangga miskin tersebut dalam mengembangkan bantuan yang diberikan. Bagaimana mengedukasi mereka untuk melakukan penanaman sayur dengan baik, memelihara ikan, serta memelihara ungas untuk kebutuhan pangan mereka,” katanya.

Ia menambahkan, sebelum terjun kelapangan, mereka akan dididik dan diedukasi didinas pertaniaan untuk dapat melakukan teknis penanam budidaya Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

“Yang disalurkan kepada masyarakat, yaitu rumah tangga miskin 12 persen, seperti bibit sayuran 20 polibet, bibit ikan 100 ikan, 100 ungas atau setara 100 ayam darah yang siap bertelur, pakan dan lainnya,” jelasnya.

Ditempat sama, Andi Wiradinata Selaku Presiden Mahasiswa di Universitas Sumatera Selatan dan juga Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa kegiatan talkshow  South Sumatera Youth Leaders Forum ini  dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan sekaligus launching Pemuda Penggerak Sumsel Mandiri Pangan.

Jelasnya, Muncul ide untuk melauching Pemuda Pengerak Sumsel Mandiri Pangan ini, sudah beberapa bulan lalu dan  pihaknya dari Ruang Gagasan ini tercetus untuk menciptkan talkshow tetapi berbeda di peringatkan Hari Sumpah Pemuda.

“Sayakan dari Fakultas Pertanian sempat  mendengar isu program pemerintah bahwasnya ada program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Itulah yang kami kaji yang kami angkat dan ide-ide yang kami kumpulkan, maka tercetuslah Pemuda Pengerak Sumsel Mandiri Pangan ini,” ungkapnya.

Tambahnya, Pemuda Pengerak Sumsel Mandiri Pangan diciptakan karna bahwasanya Sumsel beberapa tahun lalu masuk 10 besar daerah miskin. “Maka dari itu, dengan adanya Pemuda Pengerak Sumsel Mandiri Pangan ini, bisa mengangkat Sumsel menjadi daerah yang tidak termasuk 10 besar daerah miskin lagi,” ungkapnya.

“Kami juga ingin menciptakan pemuda petani milenial yang mendunia,” pungkasnya.

Mengakhiri kegiatan Talksahow, Narsumber, Pemuda Pegerakan Sumsel Mandiri Pangan dan peserta menyeruhkan Terikan Yel Pemuda Produktif, Wujudkan Sumsel Kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *