AHY: Demokrat Ikhtiar Hadirkan Koalisi Perubahan

Politik48 Dilihat

JAKARTA | Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut komunikasi antara partainya dengan NasDem dan PKS makin intensif. Ia mengatakan Demokrat terus berusaha menghadirkan koalisi perubahan.

“Ikhtiar untuk hadirkan koalisi perubahan terus kami lakukan dan tentunya komunikasi partai Demokrat dengan Nasdem dan juga PKS semakin intensif. Seringkali tidak tampak di media tentunya,” kata AHY usai acara pelantikan Pengurus DPC dan DPAC se-DKI Jakarta di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10).

Menurut AHY, koalisi tak perlu selalu digembar-gemborkan. Namun, koalisi sejatinya ditentukan oleh spirit dan juga visi misi yang sama.

“Karena sejatinya soliditas dari koalisi itu ditentukan seberapa kuat kita berada pada narasi yang sama, pada spirit perjuangan yang sama. Karena kalau tidak, koalisi juga bisa cepat bubar, kira-kira begitu,” ujarnya.

Ia pun menuturkan Demokrat belum memiliki tanggal pasti untuk mendeklarasikan kerja sama dengan partai lain. AHY ada waktu yang tepat untuk mengumumkan hal tersebut.

Menurut AHY, politik sangat tergantung dengan momentum yang hadirnya tak dapat diprediksi.

“Kami [Demokrat] atau paling tidak saya merasa pada saatnya nanti kita tidak bisa menentukan kapannya secara pasti, memang karena seringkali sesuatu atau suatu momentum itu hadir tanpa disangka-sangka tanpa dipersiapkan,” ucapnya.

AHY menegaskan waktu pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) masih Oktober 2023. Ia mengatakan masih ada cukup waktu.

Ia mengatakan waktu deklarasi yang terbaik baru ditentukan ketika semua pihak telah memiliki kesepahaman, kesepakatan, dan kesolidan.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengklaim belum ada kesepakatan antara partainya dengan Demokrat dan PKS soal calon wakil presiden pendamping Anies Bawedan.

Namun, ia mengakui ada beberapa kesepakatan antara NasDem dengan Demokrat dan PKS untuk membentuk koalisi di Pilpres 2024.

Anies sendiri telah dideklarasikan NasDem sebagai calon presiden 2024 pada 3 Oktober 2022.

Sumber:CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *