Beranda HIBURAN Ada Kota Tersepi di Dunia?

Ada Kota Tersepi di Dunia?

0
Ilustrasi/Istimewa/Net
Ilustrasi/Istimewa/Net

K ATANEWS,Pernahkah berkunjung ke kota yang nyaris tidak memiliki penduduk? Percaya atau tidak, ternyata beberapa tempat di belahan dunia ini mempunyai kota yang ditinggal oleh penduduknya. Sebuah kota umumnya memiliki penduduk yang terdiri dari berbagai usia, tingkat sosial, dan lain-lain. Mereka merupakan komunitas besar yang saling berinteraksi.

1. Tawergha, Libya

Dulu, kota yang terletak 38 kilometer dari Kota Misrata ini merupakan salah satu tempat yang indah di Libya. Tawergha merupakan penghasil kurma dan palem berkualitas tinggi. Memiliki konstruksi kota yang rapi dan berjajar apik.

Sayang, ketika pecah konflik, pasukan anti Ghaddafi menempati kota ini dan mengultimatum sekitar 24 ribuan penduduknya untuk pergi atau dibantai. Hingga kini, belum ada satu pun penduduk yang kembali menempati rumah mereka di Kota Tawergha, karena di sana sudah terpasang banyak ranjau yang tersebar di penjuru kota.

2. Consonno, Italia

Pada 1962, seorang milyuner Italia bernama Mario Bagno, membeli sebuah desa bernama Consonno yang berpenduduk 200 orang, dan menyulapnya menjadi taman bermain. Pria itu menghabiskan dana sebesar US$16,600.

Semula pembangunan ini berjalan lancar, hingga pada 1972, satu-satunya jalan menuju desa ini terputus karena tanah longsor. Alhasil Bagno pun menghentikan pembangunan taman bermain tersebut. Hingga kini, Consonno pun menjadi kota mati.

3. Oradour-sur-Glane, Prancis

Kota ini merupakan kota bekas jajahan Nazi yang menjadi bukti kekejaman pasukan Hitler tersebut. Konon, anak-anak dan para wanita di kota ini diungsikan ke dalam sebuah gereja untuk dibakar. Sedangkan para prianya dikumpulkan dan kemudian dieksekusi. Sekitar 247 wanita dan 205 anak-anak mati terpanggang.

4. Varosha, Cyprus

Sekitar tahun 70-an, Varosha menjadi salah satu tempat wisata kelas dunia dengan segala kemewahan, mulai tempat shopping, hotel berbintang, night club sampai showroom mobil-mobil keren.

Namun keindahan itu sirna ketika Turki menginvasi Cyprus, termasuk menjadikan Varosha sebagai daerah jajahan. Pasukan Turki pun memerintahkan semua penduduk pergi dalam beberapa jam, dan melarang mereka kembali bahkan untuk sekadar mengambil harta bendanya.

5. Agdam, Azerbaijan

Sebelum pasukan Armenia melakukan invansi, Agdam berpenduduk sekitar 40 ribu orang. Invansi itu membuat Agdam beralih fungsi menjadi kamp-kamp militer pasukan Armenia. Kini Agdam menjadi tempat tinggal bagi hewan ternak yang ditinggalkan penduduknya.

Jadi sebelum berwisata ke tempat yang belum dikenal, sebaiknya Anda mencari tahu sejarah tempat tersebut, agar liburan menjadi lebih menyenangkan.(berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here