8 Raflesia Arnoldi Tumbuh di Tanjung Sakti Pumi

Lahat34 Dilihat

LAHAT | 8 Bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh di kawasan hutan Dusun III Tanjung Kurung, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat.

Bunga langka tersebut ditemukan pertama kalo oleh Basaruddin dan Reksi, ketika mereka melintasi lokasi tersebut.

Koordinator Wisata Alam Basarudin melalui Ketua Kelompok Sadar Wisata Reksi mengatakan, pihaknya menemukan delapan bunga langka Raflesia Arnoldi di Dusun III Tanjung Kurung, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Sakti.

Lokasi bunga tersebut cukup jauh dari pemukiman sebagian di hutan yang dekat dengan lahan pertanian warga.

“Saat ditemukan delapan bunga langka tersebut dalam keadaan belum mekar. Kemudian pada Minggu (23/10/2022), kemarin setelah kami lihat kembali ada satu bunga dari delapan yang ditemukan sudah mekar, diperkirakan juga akan ada yang mekar lagi kedepannya,” ujar Reksi, Kamis (27/10).

Lanjut Reksi, pihaknya meminta agar sepecatnya ada pihak terkait dapat melakukan penelitian tentang penyebaran inang Raflesia Arnoldi (akar Liana/tetrastigma) di kawasan ini.

“Kalau secepatnya dilakukan penelitian kami dapat melanjutkan di kawasan akar mana saja yang terinfeksi dengan penyebaran Raflesia Arnoldi yang bersifat endoparasit ini,” jelasnya.

Dia berharap ke depannya setelah adanya penemuan bunga raflesia tersebut, Tim Sadar Wisata ini sendiri akan menjadikan aset ekowisata daerah dengan membuat paket jelajah (tracking), nikmati alam tanpa merusaknya.

“Apapun bentuk dukungan dari pihak manapun termasuk tim sendiri asalkan menyokong kegiatan kita dalam konservasi kita selalu terbuka untuk menerima,” terangnya.

Di samping itu, tambah Reksi bagi pengunjung yang ingin melihat langsung lokasi tempat ditemukannya Bunga Rafflesia Arnoldi ini dapat menghubungi Tim Sadar Wisata di wilayah Tanjung Sakti Pumi.

“Dengan syarat bisa menjaga lingkungan dan harus dikawal oleh tim yang terdiri dari warga setempat sebagai penjagaan dan penunjuk arah untuk kelokasi. Agar dapat menikmati keindahan bunga langka ini,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *