Muba Optimis Bisa Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Muba5 Dilihat

MUBA- Menjelang dilaksanakannya Verifikasi Lanjutan, Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili Asisten Bidang perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MH pimpin rapat finalisasi persiapan verifikasi kunjungan lapangan penghargaan Kabupaten Musi Banyuasin sehat tahun 2023 di ruang rapat Serasan Sekate, Senin (04/9/2023).

Diketahui, sejak tahun 2019 Kabupaten Muba ini telah berhasil meraih penghargaan dalam program KKS yakni Swasti Saba Padapa (tingkat Pratama), Swasti Saba Padapa ini merupakan suatu penghargaan kabupaten/kota yang diberikan oleh tiga kementerian yaitu kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Dengan demikian, Pemkab Muba terus meningkatkan berbagai capaian dari masing-masing tatanan serta meningkatkan sinergi dan kerja kolaboratif seluruh stakeholder guna mewujudkan Kabupaten Muba sehat.

Menurut laporan yang disampaikan kepala Dinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS, mulai besok tanggal 5 September 2023 tim program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) akan melakukan kunjungan ke kabupaten Muba dan akan melakukan verifikasi selama dua hari (Selasa dan Rabu).

“Setelah dilakukan verifikasi terhadap lapangan, Alhamdulillah kabupaten Muba sudah dapat 2 surat pada tanggal 30 Agustus penunjukan bahwa dua Kabupaten/kota di Sumatera Selatan ini akan dilakukan verifikasi lapangan yaitu kota Palembang dan Kabupaten Muba. Jadi, tujuan penilaian lapangan besok, untuk memvalidasi dari dokumen- dokumen yang kita input selama ini, sehingga mereka meyakinkan bahwa kabupaten Muba dokumennya sesuai yang diharapkan. Jadi kami mohon support dan bantuannya dari bapak/ibu OPD di lingkungan Pemkab Muba guna mensukseskan kegiatan ini,” terangnya.

Menanggapi laporan tersebut, Asisten Bidang perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro dalam arahannya mengatakan, bahwa penyelenggaraan KKS merupakan upaya menciptakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Muba sendiri.

Jadi, lanjutnya rapat ini menjadi sarana diskusi pemantapan dari berbagai persiapan teknis yang dilaksanakan sehingga saat proses verifikasi berlangsung semua aspek pendukung dipastikan telah siap.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, jadi tolong kepada OPD yang terlibat untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang telah ditetapkan. Terkait dengan penilaian, kita berharap kabupaten Muba bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkasnya. (ril)