Dinkes-Dinsos Muba Jemput Bola Lakukan Vaksinasi

Muba6 Dilihat

MUBA – Pemkab Musi Banyuasin terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Kali ini, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Muba dan Dinas Sosial Kabupaten Muba menggelar vaksinasi untuk masyarakat Suku Anak Dalam (SAD), Disabilitas, Lansia dan kelompok rentan, sekaligus
menyerahkan bantuan sembako, Selasa (12/9/2023).

Menurut, Kepala Dinas Kesehatan dr Azmi Dariusmansyah MARS, kegiatan ini digelar selama dua hari, mulai dari tanggal 12 September hingga 13 September 2023 di Desa Lubuk Bintialo yang berada di daerah perbatasan ujung kecamatan Batanghari Leko dan Kecamatan Sanga Desa.

“Mitra yang turut terlibat dalam kegiatan ini, ada dari Palang Merah Indonesia (PMI), Babinsa Polisi, TNI, Forum Disabilitas, Pemerintah Desa dan Pusat Unggulan Komoditi Lestari (PUKL) Musi Banyuasin, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Filantropi dan Sentra Budi Perkasa,” terangnya.

Selain itu, dr Azmi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan vaksinasi untuk masyarakat suku anak dalam (SAD), Disabilitas, Lansia dan kelompok rentan di Kabupaten Musi Banyuasin, khususnya untuk di Desa Lubuk Bintialo Kec. Batanghari Leko.

“Berdasarkan data tahun 2020 – 2022, COVID – 19 dinyatakan sebagai pandemi yang menyebar hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. COVID-19 adalah penyakit menular yang menyebabkan demam, batuk kering dan kesulitan bernapas. Dampak pandemi COVID-19 begitu luas dan merusak hampir semua aspek kehidupan,” terangnya.

Kabupaten Musi Banyuasin sendiri, lanjutnya dengan luas wilayah 14.265,96 km2 atau sekitar 15 persen dari luas provinsi Sumatera Selatan.

Terdapat 15 Kecamatan dan 229 Desa dan 16 Kelurahan, dengan jumlah 28 Puskesmas yang ada Musi Banyuasin dalam hal ini menjadi salah satu pengaruh terhadap capaian vaksinasi, namun memiliki berbagai tantangan dan kendala, apalagi jika dikaitkan dengan kelompok rentan seperti masyarakat yang tinggal di daerah berbatasan dengan hutan, Masyarakat Suku
Anak Dalam (SAD), kelompok disabilitas, ataupun kelompok lanjut usia.

“Upaya yang terus dilakukan untuk meningkatkan vaksinasi menjadi faktor penting dalam penanggulangan pandemi COVID-19,” jelasnya.

Melalui skema gotong royong dan kolaborasi multipihak bersama agar tercapainya target yang diharapkan.

“Dalam proses pelaksanaan vaksinasi ini, Dinsos Muba juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga setempat. Semoga melalui skema gotong royong ini sangat membantu masyarakat yang terkendala dengan akses jarak tempuh yang jauh menuju lokasi dan semoga dapat mengurangi,” pungkasnya. (ril)