Meriah! Antusias Warga Saksikan Balap Ketek di Desa Lumpatan

Muba4 Dilihat

Muba – Pemerintah Desa Lumpatan II, Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan balap perahu ketek, di Sungai Musi, Senin (28/8/2023).

Kegiatan berlangsung cukup meriah, warga tampak antusias menyaksikan pertandingan dari tepian Sungai Musi.

Lomba yang bertajuk “Bajemo Open Race” dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud melalui Asisten Bidang Adminstrasi Umum Syafaruddin, di Dusun III Desa Lumpatan II.

Dalam sambutannya Syafaruddin mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Muba menyambut baik serta apresiasi perlombaan yang diinisiasi pemerintah desa dan masyarakat Desa Lumpatan ini, sebagai sarana hiburan untuk menyemarakkan HUT RI ke-78 di Bumi Serasan Sekate.

“Kegiatan ini semata-mata untuk menghibur masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT RI, dan meneruskan minat masyarakat nelayan terhadap lomba ketek ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga mengajak warga sekitar untuk menjaga sungai kelestarian dan tidak melakukan tindakan illegal fishing.

“Mari sama-sama jaga sungai kita ini. Insyaallah kalau lestari akan menjadi mata pencaharian alternatif,” tandasnya.

Kades Lumpatan II M Syazili Mustofa SE menuturkan perlombaan balap ketek diikuti sebanyak 48 peserta dari Desa Lumpatan II dan Lumpatan I, yang memperebutkan piala bergilir, tropi dan uang tunai.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pj Bupati Muba dan jajaran Pemerintah Kabupaten Muba telah mendukung pelaksanaan lomba ketek ini. Tanpa bantuan dari Pemkab Muba kegiatan ini tidak akan berjalan sukses,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, sebagai ajang mempererat silaturahmi dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, Pemerintah Desa Lumpatan II menyelenggarakan berbagai perlombaan selama bulan Agustus 2023.

“Hari ini merupakan kegiatan terakhir dari berbagai perlombaan yang diadakan di Desa Lumpatan II. Terimakasih juga untuk semua panitia yang terlibat,” tandasnya.

Adiyarman, salah satu warga sekitar mengaku senang dan mendapatkan hiburan atas kegiatan tersebut. Sebab jalur lintas tempat pelaksanaan lomba balap ketek ini tak jauh dari kediamannya.

“Kami selaku masyarakat di sini sangat bersyukur dan antusias menyambut perlombaan ini. Apalagi pelaksanaannya ditempatkan tak jauh dari rumah kami,” pungkasnya. (ril)