Pukau Gubernur, Tari Kolosal IKAWANGI Diundang Main di Griya Agung

Palembang13 Dilihat

Palembang –  Gubernur Sumsel H Herman Deru berdecak kagum dengan parade tari dan kolosal yang ditampilkan pada hari lahir ke-3 Keluarga Besar Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Sumsel di Gedung OPI Convention Centre Jakabaring, Minggu (30/7) siang.

Bahkan Gubernur Herman Deru berniat akan mengundang para peserta parade untuk tampilkan di Istana Gubernur Griya Agung. Apalagi parade tari kolosal  tersebut menampilkan ciri khas daerah mulai dari Tari Gending Sriwijaya, Tari Sorote Lintang, Tari Kipas, Tari Gambyong, Kolosal Jejer Gandrung Kembang Menur dan Tarian Gandrung Kembang Menur.

“Saya apresiasi betul tari kolosal tadi, hebat sekali, Saya minta acaranya tari gandrung ditampilkan di Istana Gubernur. IKAWANGI ini betul-betul suatu organisasi kesukuan atau kedaerahan yang paling meriah yang saya lihat,” kata Gubernur Herman Deru mengawali sambutannya.

Menurut Herman Deru, IKAWANGI salah satu organisasi yang rukun atau guyub,  hal tersebut dibuktikan dengan resonansi dilapangan. Dimana, IKAWANGI memiliki etos dan semangat kerja yang luar biasa.

“Kalau sudah berusaha pasti maju terus. Kita tahu bahwa dari sekian banyak organisasi kesukuan dan kedaerahan di Sumsel ini, menjadi benteng terbaik, untuk menahan lajunya budaya asing yang nyaris tidak terhalangi saat ini,” tambahnya.

Diakui Herman Deru, Budaya asing yang saat ini sulit terbendung bahkan sangat cepat, perlu dibentengi dengan menghidupkan kembali kearifan lokal yang tidak kalah dengan budaya luar.

“Ini adalah pagar budaya, yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita, Sumsel ini kedatangan warga Banyuwangi sejak sebelum merdeka jadi bukan transmigrasi, oleh sebab itu silaturhami makin dipererat menjadikan kita  semakin kuat,” tambahnya.

Untuk memajukan Sumsel lanjut Herman Deru,  kuncinya adalah rukun dan sinergi tidak mungkin kita membangun daerah sendiri- sendiri.

“Kekuatan ini kita buat seperti manajemen sapu lidi, ketika itu dikumpulkan maka akan menjadi kekuatan,” tandasnya.

Sementara Ketua IKAWANGI Sumsel H. Suroso, S.E, menyampaikan terimakasihnya kepada  Gubernur Herman Deru  yang telah memberikan ruang bagi IKAWANGI  untuk berkembang secara luas.

“IKAWANGI Sumsel  terbentuk pada tahun 2020 yang lalu, terdiri dari 6 Koordinator Wilayah (Korwil). Meliputi Korwil Musi Banyuasin, Palembang, Banyuasin, Ogan Komering Ulu, OKU Timur, dan Korwil Ogan Komering Ilir,” tutupnya. (ril)