“Leanpuri Cup” Jadi Agenda Tahunan PB PBI

Sumsel14 Dilihat

Palembang – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bowling Indonesia (PB PBI), Jerry Sambuaga secara resmi menjadikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Leanpuri Cup  menjadi agenda tahunan PB PBI,  keputusan itu diambil melalui Rakernas PB PBI beberapa waktu lalu.

Ketika menyampaikan sambutan pada Farewell Party Kejurnas Leanpuri Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI Aceh- Sumatera Utara 2023 bertempat di Griya Agung Palembang, Minggu (30/7) malam. Ketu PB PBI Jerry Sambuaga menyampaikan kembali hal tersebut dihadapan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

“Hasil dari Rakernas kita tetapkan bahwa Leanpuri Cup rutin sebagai Kejurnas setiap tahun,” katanya.

Menurutnya ditetapkan Leanpuri Cup sebagai Kejurnas tidak lain merupakan bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa mantan Ketua PB PBI  mendiang Hj  Percha Leanpuri yang begitu banyak berkontrimusi dalam memajukan  cabang olahraga bowling di kancah Nasional bahkan Internasional.

“Kejurnas Bowling “Leanpuri Cup” kita lanjutkan. Karena semangat itu akan memberikan motivasi kepada para atlet bowling di Indonesia,” tambahnya.

Dia  menyampailan ucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua PBI Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati serta panitia yang telah menyukseskan Kejurnas Bowling Leanpuri Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI Aceh- Sumatera Utara 2023.

“Prestasi yang luar biasa yang telah diukir akan menjadi acuan pada PON nanti. Kita buktikan pada  cabor lain bahwa Bowling berperan strategi dalam memperoleh  medali,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Herman Deru menegaskan suksesnya Kejurnas Bowling Leanpuri Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI Aceh- Sumatera Utara 2023 di Sumsel kali ini kembali mengingatkan dirinya pada sejumlah agenda kejuaraan Bowling saat PB PBI masih  di ketuai putrinya Hj Percha Leanpuri B.Bus, M. BA.

Sebagai Gubernur sekaligus sebagai orang tua almarhumah Hj Percha, Herman Deru mengaku bangga dan senang nama putri sulungnya itu menjadi simbol pada Kejurnas Bowling di Indonesia.

“Ini menjadi suatu kebangggaan dan kehormatan bagi kami sekeluarga bahwa nama Almarhumah Hj Percha Leanpuri menjadi simbol Kejurnas,” ungkapnya.

Herman Deru juga mengapresiasi Ketua PBI Sumsel, Hj Anita Noeringhati yang begitu luar biasa  semangatnya  dalam mensukseskan dua event sekaligus yang berjalan dengan sukses.

“Bu Anita hebat menyelenggarakan dua event yang mengkolaborasikan antara kreasi, prestasi dan ekonomi. Kita sama-sama doakan agar Ibu Anita terus bersemangat untuk terus memajukan olahraha Bowling di Sumatera Selatan,” tambah Herman Deru.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Herman Deru mengharapkan berbagai  kejuaraan bowling diselenggarakan di Sumsel.

“Karena kita yakin berbagai kejuaraan yang digelar di Sumatera Sekatab akan mampu melahirkan para atlet  bowling prestasi. Sekaligus kita merubah maindset masyarakat bahwa olahraga bowling bukan  olahraga eksklusif,” tandasnya.

Ketua PBI Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati mengatakan olahraga di Sumsel menjadi destinasi sport tourims sehingga kegiatan bowling ini terus digalakan di Sumsel.

“Alhamdulillah event Leanpuri Cup dan Prapon sudah digelar dan berjalan dengan baik yang dimulai dari 17 sampai 30 Juli 2023,” katanya.

Dia mengatakan seluruh atlet bowling dari 9 Provinsi sudah bermain sangat luar biasa  dengan penuh sportivitas.

“Bowling ini bagaiamana mengendalikan diri fokus dan konsisten dalam setiap lemparan,” ungkapnya.

Lanjut dia mengatakan event Leanpuri Cup dan Prapon ini juga berdampak pada perekonomian seperti penjualan  songket, serta makanan khas Palembang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang begitu sangat mendukung penyelenggaraan bowling sehingga dapat menjadi tuan rumah Prapon dan Leanpuri Cup 2023,” ucap Anita.

Sebagai Ketua  PBI Sumsel, Anita mengaku siap jika Sumsel kembali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah kejuaran baik tingkat nasional ataupun internasional. (ril)